Khasiat dan Lirik Sholawat Nariyah -->

Khasiat dan Lirik Sholawat Nariyah

Minggu, 09 Agustus 2020, Agustus 09, 2020
Khasiat dan Lirik Sholawat Nariyah
Khasiat dan Lirik Sholawat NariyahIslamidina,- Sholawat merupakan pujian sebagai bentuk cinta kita pada Rosulullah SAW. Ada banyak Macam Sholawat dan salah satu sholawat yang Populer di kalangan Muslim Indonesia adalah Sholawat Nariyah.

Banyak riwayat yang menganjurkan agar kita memperbanyak dan mengamalkan Sholawat dalam kehidupan sehari hari, Rosulullah SAW bersabda dalam Hadistnya yang berarti :

" Siapa membaca sholawat untukku, maka Alloh SWT akan membalasnya 10 kebaikan, diampuni 10 dosanya, dan ditambah 10 derajat baginya "

Bahkan Allah SWT berfirman dalam Al Quran :

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Artinya : Sesungguhnya Alloh SWT dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. QS al Ahzab 33:56

Sholawat Nariyah

Sebagai bentuk penghormatan dan kecintaan pada Nabi Muhammad SAW sebagai Rosul Allah, banyak para Sahabat dan ulama yang membuat lagu dan Lirik Sholawat yang merdu dan indah untuk di dengar. Salah satunya adalah seorang sahabat yang hidup di Zaman Rosulullah SAW yaitu Syekh Nariyah.

Syekh Nariyah merasa Kagum dan sangat menghormati Nabi Muhammad SAW yang bekerja sangat keras dalam menyebarkan agama Islam dan meyampaikan wahyu Allah SWT walau mendapat tentangan dari masyarakat saat itu.

Karena kekagumannya tersebut Syekh Nariyah selalu berdoa pada Allah SWT agar memberikan Kesejahteraan dan keselamatan pada Nabi Muhammad SAW.

Kekagumannya tersebut juga membawa syekh Nariyah turut mensiarkan islam dan mengajarkan ketauhidan, serta membuat lirik pujian yang sangat indah dan enak didengar sehingga akhirnya dikenal sebagai sholawat Nariyah.

Bacaan dan Lirik Sholawat Nariyah

ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺻﻞ ﺻﻼﺓ ﻛﺎﻣﻠﺔ، ﻭﺳﻠﻢ ﺳﻼﻣﺎ ﺗﺎﻣﺎ ﻋﻠﻰ ﺳﻴﺪﻧﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﺍﻟﺬﻯ ﺗﻨﺤﻞ ﺑﻪ ﺍﻟﻌﻘﺪ، ﻭﺗﻨﻔﺮﺝ ﺑﻪ ﺍﻟﻜﺮﺏ، ﻭﺗﻘﻀﻰ ﺑﻪ ﺍﻟﺤﻮﺍﺋﺞ، ﻭﺗﻨﺎﻝ ﺑﻪ ﺍﻟﺮﻏﺎﺋﺐ، ﻭﺣﺴﻦ ﺍﻟﺨﻮﺍﺗﻢ ﻭيستشقی ﺍﻟﻐﻤﺎﻡ ﺑﻮﺟﻬﻪ ﺍﻟﻜﺮﻳﻢ، ﻭﻋﻠﻰ ﺃﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻓﻰ ﻛﻞ ﻟﻤﺤﺔ ﻭنفس ﺑﻌﺪﺩ ﻛﻞ ﻣﻌﻠﻮﻡ ﻟﻚ

Latin :

Allâhumma sholli ‘sholâtan kâmilatan wa sallim salâman tãmman ‘alâ sayyidinâ Muhammadinilladzî tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu wa tuqdlô bihil hawâ-iju wa tunâlu bihir-roghô-ibu, wa husnul khowâtimu wa yustasyqol-ghomâmu biwajhihil-karîm wa ‘alâ âlihi wa shohbihi fî kulli lamhatin wa nafasin bi’adadi kulli ma’lûmin laka.

Artinya :

Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau. 
 

Khasiat Sholawat Nariyah

Sesuai dengan Firman Allah SWT dan Hadist Nabi Muhammad SAW sudah jelas kiranya bahwa Sholawat mempunyai  keutamaan dan Karomah termasuk juga Sholawat Nariyah. Diantaranya adalah :

Mendapat Syafaat Rosulullah SAW


Karomah Sholawat Khususnya Khasiat Sholawat Nariyah yang paling dinantikan oleh seluruh umat Muslim adalah Syafaat Rosulullah SAW.
 
Di hari Kiamat dan di padang Mahsyar nanti akan ada satu manusia yang akan sangat sibuk dalam menolong manusia yang lain yaitu beliaulah manusia paling sempurna Nabi Muhammad SAW karena memang hanya beliaulah yang dapat memberikan Syafaat dan pertolongan di Saat itu.

Dan setiap manusia akan sangat mengharapkan pertolongannya tersebut, dan membaca, mengamalkan sholawat merupakan salah satu jalan agar kita lebih dekat pada Rosulullah SAW dan mendapatkan syafaat serta pertolongannya.

Mengangkat Derajat


Karomah berikut dari membaca Sholawat termasuk sholawat Nariyah adalah Insyaallah Derajat kita di hadapan Allah SWT akan meningkat karena Sholawat merupakan ibadah kepada Allah SWT begitu juga derajat kita di hadapan sesama manusia seperti dijelaskan dalam banyak Hadist.

Dipermudahkan Terkabulnya Doa


Khasiat Sholawat Nariyah berikutnya adalah dipermudahkan terkabulnya doa, Hal ini juga banyak disampaikan ulama dalam bebarapa riwayat dan kitab.

Salah satu kitab tersebut adalah  Khozinatul Asror, dimana dalam kitab ini disebutkan bahwa " Salah satu sholawat yang mustajab yaitu Sholawat Tafrijiyah Qurthubiyah "

Sholawat Tafrijiyah Qurthubiyah atau juga lebih dikenal dengan Sholawat Nariyah ini merupakan salah satu sholawat utama yang dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari hari

Rosulullah SAW juga menyampaikan dalam Hadistnya :

Hadits riwayat Ibnu Mundah dari Jabir mengatakan " Siapa yang membaca sholawat kepadaku sehari 100 kali (dalam riwayat lain): Siapa membaca sholawat kepadaku 100 kali maka Alloh SWT akan mengabulkan 100 kali hajatnya, 70 hajatnya di akhirat, dan 30 di dunia "

serta :

"Setiap do'a terhalangi sampai sekiranya ia mau bershalawat kepada Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam." HR Dailami no: 4754. Dan dinyatakan hasan oleh al-Albani dalam Silsilahnya 5/57 no: 2035.

Menambah Rezeki


Khasiat Sholawat Nariyah lain dari membaca dan mengamalkan Sholawat dengan Ikhlas karena Allah SWT adalah dapat menambah Rezeki atas ijin Allah SWT.

Banyak ulama yang meriwayatkan keutamaan sholawat ini dalam mempermudah kita dalam menambah Rezeki, slah satu ulama tersebut adalah Iman Dainuri

Imam Dainuri mengatakan bahwa " Siapa yang membaca sholawat ini setelah sholat (Fardhu) 11 kali dan digunakan sebagai wiridan maka rizekinya tidak putus, di samping mendapatkan pangkat kedudukan dan tingkatan orang kaya "

Mendapat Sinar  Cahaya Rahmat dan Keberkahan

Khasiat lain dari membaca dan mengamalkan Sholawat Nariyah adalah Insyaallah kita mendapatkan rahmat dan keberkahan dari Allah SWT.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat, keutamaan dan karomah mengamalkan sholawat khususnya Sholawat Nariyah yang akan kita bahas dalam artikel artikel mendatang.

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang Khasiat Sholawat Nariyah dan Lirik Sholawat Nariyah, marilah kita bersama sama mengamalkan sholawat khusunya sholawat nariyah.

Semoga Bermanfaat dan kita selalu mendapat Syafaat Rosulullah SAW di hari Kiamat nanti serta mendapatkan Ampunan, rahmat dan keberkahan serta Ridho Allah SWT ... Aamiin

Wassalamualaikum wr wb. Wallahu A'lam Bisshowab

Karomah dan Lirik Sholawat Nariyah

TerPopuler