5 Manfaat Bangun Subuh Menurut Islam -->

5 Manfaat Bangun Subuh Menurut Islam

Senin, 05 Oktober 2020, Oktober 05, 2020
5 Manfaat Bangun Subuh Menurut Islam - Islamidina.id,-  Hai Sahabat Muslim Indonesia yang berbahagia. Sebagai seorang Manusia tentunya kita ingin hidup sehat dan bahagia.

Ada Banyak Cara agar kita selalu hidup sehat diantaranya adalah dengan makan makanan yang bergizi, olahraga teratur, tidur tepat waktu dan banyak lagi cara hiduo sehat lainnya. 
 
Kali ini kita akan membahas tentang manfaat Bangun subuh menurut Islam seperti yang dilansir dari Blog Ismail Novel
 
Manfaat bangun subuh menurut islam

Bangun subuh sejatinya adalah suatu ajaran penting dan tradisi yang sangat baik ditinggalkan oleh Nabi SAW. Beliau tidak suka kepada umatnya yang bangun siang, juga kepada orang yang tidur lagi setelah bangun dan shalat subuh. Kata Nabi SAW.

“Aku duduk bersama orang-orang yang berdzikrullah Ta’ala mulai dari (waktu) sholat shubuh hingga terbit matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak dari putra Nabi Isma’il.” (HR. Abu Dawud).

Dari Imam Ath-Thabrani dan Al-Bazzar radhiyallahu ‘an huma, Rasulullah SAW bersabda: 

”Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barakah dan keberuntungan.”

Selain memperoleh keberkahan hidup, mereka yang bangun subuh, juga mendapatkan doa selamat dari para malaikat. Sebagaimana dalam firman-Nya, “Dirikanlah sholat dari tergelincir matahari sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) Subuh. Sesungguhnya sholat subuh itu disaksikan oleh malaikat.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 

“Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada shalat fajar (subuh).” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Keberkahan bangun subuh itu juga menjangkau aspek kesehatan fisik dan mental. Banyak ahli kedokteran yang menyebutkan bahwa bangun subuh itu sangat bermanfaat bagi kesehatan. 

Beberapa Manfaat Bangun Subuh Menurut Islam adalah, meremajakan kulit, meningkatkan imunitas, memperbaiki mood, meningkatkan produktifitas, (https://www.cnnindonesia.com). 

Selain itu, juga membuat orang lebih bahagia, lebih aktif dalam kegiatan sehari-hari, lebih berprestasi di sekolah atau di kampus. (www. alodokter.com)

Selain untuk kesehatan keberkahan bagun subuh itu juga mendorong kesuksesan berusaha mencari rezeki. 

Dalam hal ini sering terdengar ungkapan “Bagunlah pagi-pagi kalau tak ingin rezekinya dipatok (dimakan) ayam.” 

Ketika Rasulullah pulang dari shalat Shubuh dari Masjid Nabawi, beliau mendapati putrinya bernama Fatimah masih dalam kondisi tidur. Maka beliau bersabda:

”Wahai anakku, bangunlah! Saksikan rezeki Tuhan-mu dan janganlah kamu termasuk orang yang lalai, karena Allah memberi rezeki kepada hamba-Nya antara terbit fajar dengan terbit matahari.” (H.R. Imam Ahmad Dan Al-Baihaqi).

Demikianlah ulasan kita kali ini tentang  Manfaat Bangun Subuh Menurut Islam, Dimana hal ini diajarkan sendiri oleh Rosulullah SAW yang selalu bangun subuh seperti tertera dalam beberapa Hadist yang telah dijelaskan diatas.

Yuk Kita bangun subuh dan jadikan hidup kita lebih sehat dan bergairah, semoga kedepan kita selalu diberikan kesehatan dan keberkahan serta Ridho Allah SWT ... Aamiin

Wassalamualaikum Wr. Wb.


TerPopuler