9 Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Perspektif Islam -->

9 Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Perspektif Islam

Kamis, 08 Oktober 2020, Oktober 08, 2020
Islamidina.id,-- Pancasila Sebagai Dasar Negara, Puji dan Syukur kita pankatkan ke hadirat Tuhan YME sehingga kita bertemu kembali untuk sama -sama belajar tentang Idiologi dan Pandangan Hidup Bangsa Indonesia.

Yup ... kali ini kita akan kembali mengupas Arti dan Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa, Seperti yang tertera dalam UUD RI 1945.

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang Sejarah Lahirnya Pancasila, yang terbentuk melalui proses yang panjang sebagai hasil perjuangan para pendiri bangsa.

Para pendiri bangsa, telah merumuskan dan menetapkan dasar negara. Hal ini semua tentunya dalam rangka mencapai Cita - cita Nasional sebagai negara yang Merdeka, Berdaulat, Adil dan Makmur.

Dasar negara dari Indonesia adalah pancasila. Hal ini berarti bahwa setiap nilai yang ada di dalamnya harus dijadikan sebagai dasar hidup dalam berbangsa dan bernegara. 
 
Indonesia Sendiri merupakan Negara dengan Mayoritas penduduk beragama Islam, sehingga tak dapat dipungkiri bahwa ada perspektis Islam yang terkandung didalamnya.
 
Seperti Contoh pada pasa pertama yang berbunyi ketuhanan yang Maha Esa, dimana dapat dimaknai bahwa Kita percaya akan adanya kekuatan maha besar sebagai Yang Maha Kuasa.
 
Jika mengulik Sejarah Lahirnya pancasila itu sendiri, artinya adalah lima asas dari kata panca yang berarti lima dan sila berarti prinsip. Ada arti mendalam dari setiap butir pancasila.
 
Sehingga penetapan pancasila sebagai dasar negara pun bukan tanpa alasan. Perlu pemahaman dan pemaknaan mengenai tiap butir di dalamnya.
Pancasila itu sendiri menjadi sebuah landasan atau fondasi utama. Juga bisa menjadi titik acuan bangsa untuk mengatur negara indonesia. 
 
Sehingga dalam mengatur apapun dalam kehidupan berbangsa haruslah mengacu pada pancasila. Melihat saking pentingnya peranan ini, tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahir Pancasila.
 
Pancasila Sebagai dasar Negara

Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara

1. Dasar NKRI

Fungsi yang pertama mengapa pancasila dijadikan sebagai dasar negara adalah pancasila telah memiliki unsur terbaik. Pancasila digunakan sebagai dasar dalam penyelenggaraan aparatur negara. Hal ini sesuai dengan bunyi dan isi yang ada di dalam pembukaan Undang-Undang 1945. Pancasila sebagai dasari NKRi juga bisa berarti pancasila sebagai dasar falsafah ataupun filosofi dari Indonesia.

2. Pandangan Hidup Bangsa

Fungsi yang kedua dari pancasila sebagai dasar negara adalah sebagai pandangan hidup NKRI. Sebuah negara harus memiliki pandangan hidup agar tetap kokoh menjadi bangsa yang merdeka. Pancasila sendiri berperan sebagai petunjuk hidup sehari-hari dan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Sehingga dalam melakukan penyelenggaraan negara pun harus mempertimbangkan tiap butir yang ada.

3. Kepribadian Bangsa Indonesia

Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia bisa diwujudkan dengan berbagai bentuk sikap baik mental ataupun tingkah laku. Kepribadian yang dimaksud ialah ciri khas dari masyarakat bangsa Indonesia. Sehingga masyarakat tersebut bisa dibedakan dengan bangsa lainnya yang ada di seluruh dunia.

4. Jiwa Bangsa Indonesia

Jika menurut teori Von Savigny dikatakan bahwa setiap bangsa memiliki jiwanya masing-masing. Hal ini disebut dengan Volkgeist atau jiwa rakyat. Pancasila itu sendiri disebut sebagai jiwa bangsa yang lahir bersama dengan bangsa Indonesia di zaman kerajaan Sriwijaya serta Majapahit meski istilah Pancasila itu sendiri baru dikenal pada tahun 45.

5. Sumber dari Segala Sumber Hukum

Sudah tak asing lagi bahwa pancasila sebagai dasar negara juga berfungsi sebagai sumber dari segala sumber hukum. Artinya, sumber hukum Indonesia bisa bermakna sebagai pandangan hidup, kesadaran dan juga cita-cita hukum dan cita-cita moral. Yang dimaksud dengan cita-cita ialah kemerdekaan individu, bangsa atau negara, perdamaian nasional dan keadilan sosial.

6. Perjanjian Luhur

Perjanjian luhur bangsa Indonesia tertuang sebagai pancasila. Perjanjian luhur ini juga menyangkut tentang kesepakatan yang sudah dibuat ketika memproklamasikan Indonesia. Pancasila disahkan oleh PPKI yang merupakan panitia persiapan kemerdekaan Indonesia. Mereka merupakan wakil seluruh rakyat dan mengesahkan perjanjian luhur itu tertulis dalam UUD 45.

7. Pemersatu Bangsa

Pancasila sebagai dasar negara juga berfungsi sebagai pemersatu bangsa. Terutama karena Indonesia terdiri dari berbagai bangsa dan budaya sehingga pancasila berperan penting dalam menyatukan masyarakat Indonesia dalam satu tujuan.  Pancasila mengandung falsafah hidup dan juga kepribadian bangsa dengan nilai-nilai dan norma luhur.

8. Cita-cita dan Tujuan Bangsa

Pembukaan UU 45 merupakan media penuangan jiwa proklamasi atau jiwa pancasila disana. Terdapat cita-cita luhur bangsa yang kelak dicapai oleh bangsa Indonesia. Sebagai dasar negara, pancasila telah merangkum semua aspek dalam kehidupan. Mulai dari beragama hingga bersosial dalam masyarakat.

9.Ideologi Bangsa

Pancasila juga berfungsi sebagai ideologi negara yang bisa diartikan sebagai visi ataupun arah penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan juga bernegara. Sehingga nantinya bisa terwujud satu kehidupan yang menjunjung tinggi ketuhanan, kesadaran akan kesaatuan, nilai kemanusiaan dan nilai keadilan termasuk di dalamnya keadilan sosial.

Artikel Menarik Lainnya : Rangkuman Agresi Militer Belanda 1 dan 2

Pemahaman dan pemaknaan terhadap pancasila sebagai dasar negara telah ditanamkan pada tiap warga negara Indonesia melalui pendidikan formal ataupun informal. 
 
Hal ini dengan maksud menumbuhkan rasa cinta tanah air dan menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila yang terkandung di dalamnya. 
 
Pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa juga menjadi falsafah, ideologi hingga pandangan hidup bangsa Indonesia. Tak lain adalah untuk mencapai tujuan besar bersama yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia. 

Sumber : Blog Militer



TerPopuler