Sejarah Singkat Perang Badar : Pertempuran Terdahsyat Umat Muslim di Bulan Ramadhan -->

Sejarah Singkat Perang Badar : Pertempuran Terdahsyat Umat Muslim di Bulan Ramadhan

Selasa, 27 Oktober 2020, Oktober 27, 2020

Sejarah Singkat Perang Badar - islamidina.id,- Dibalik dinantinya bulan suci Ramadan, ada satu peristiwa besar dalam sejarah Islam. Sebuah pertempuran dahsyat yang menjadi kemenangan pertama Umat Muslim dalam mempertahankan dan menyebarkan agama Islam.

sejarah perang Badar

Sejarah Perang Badar

Bulan Ramadan memang menjadi waktu dimana turunnya kitab suci Al Quran. Dan dibulan suci ini juga pernah terjadi peperangan yang dahsyat terutama untuk umat islam. 

Peperangan yang disebut dengan perang badar dan terjadi pada tahun kedua setelah hijrah. Dari perang ini, umat Islam memang memenangkannya dimana dalam sejarah disebutkan bahwa ini adalah kemenangan agung pertama dari para pejuang Islam. 

Sejarah perang badar membawa satu fakta bahwa kemusyrikan dan kebatilan harus diberantas.

Baca Juga : Rangkuman Agresi Militer Belanda 1 dan 2

Perang badar dipimpin langsung oleh Rasulullah SAW. Beliau memimpin aksi penyerangan dengan 313 orang muslim menggunakan 8 pedang dan 6 baju perang. Mereka juga menggunakan 70 ekor unta serta 2 ekor kuda. 

Sementara dari kaum Quraisy menggunakan 1000 orang, 600 senjata lengkap dan 700 unta serta 300 kuda. Tetapi dengan semangat jihad pada bulan puasa, pasukan Islam berhasil memenangkan perang tersebut.

Latar Belakang Perang Badar

1. Kebencian Abu Jahal

Seperti yang diketahui bahwa Nabi Muhammad lahir dari keluarga Bani Hasyim dan juga suku Quraisy. Yang mana dalam perjalanan menerima wahyu di usia 40. 

Beliau dilindungi oleh pamannya yakni Abu Thalib yang sekaligus menjadi pemimpin Bani Hasyim dan suku Quraisy. 

Namun, setelah kematian paman kepemimpinan itu dilanjutkan oleh Abu Jahal yang merupakan salah satu musuh dari Muhammad SAW.

Baca Juga : Rangkuman Perang Diponegoro

Kehadiran Nabi Muhammad dan berbagai macam kegiatan berdakwahnya dirasa mengancam posisi Abu Jahal sebagai penguasa Mekkah saat itu. 

Tidak hanya itu saja, sisa kaum Quraisy juga melihat kaum muslim sebagai penjahat. Mereka merasa terancam dan khawatir mengganggu kewibawaan mereka.

2. Ditindasnya Umat Islam

Dalam catatan sejarah perang badar, penyebabnya juga karena ditindasnya umat Islam. Perlakuan buruk terhadap kaum muslim menekan sampai ke Madinah. 

Bahkan kaum Quraisy meneror dan menyerang serta menguasai harta benda Para kaum muslimin. 

Mereka takut hasil perdagangan mereka berpindah kepada kaum muslim. Kaum Quraisy yang memilih masuk Islam dianggap memberi penghinaan yang amat serius sehingga memicu adanya perang badar kubra.

Ringkasan Perang Badar

Ringkasan Perang Badar

Dari penyebab tersebut akhirnya terjadi perang badar. Perang ini terjadi di 113 kilometer dari Madinah dan 161 kilometer melalui jalan darat. 

Saat itu pasukan kaum kafir Quraisy dipimpin oleh Abu Sufyan bin Harb mengetahui bagaimana rencana penyerangan umat muslim. 

Ia langsung menyebarkan hal tersebut kepada pasukannya. Kaum Quraisy juga langsung menyiapkan diri untuk menghalau pasukan Islam. 

Ada ribuan pasukan yang telah siap siaga dalam bertempur untuk melawan pasukan yang dipimpin oleh Rasulullah SAW.

Melihat bahwa jumlah pasukan muslim yang jauh lebih sedikit untuk berperang, Rasulullah SAW sempat merasa tersudut. 

Akhirnya beliau berembug dengan para sahabat dan tetap melanjutkan rencana peperangan untuk memperjuangkan agama Allah. 

Sampai pada akhirnya, dengan pertolongan Allah SWT ratusan pasukan muslim ini berhasil mengalahkan ribuan pasukan kafir. 

Artikel Pilihan : Sejarah Perang Padri

Disinilah titik penting sejarah perang badar yang kita tahu.Jika dilihat dari jumlah tentu pasukan umat muslim sangatlah sedikit dan kalah telak dengan kaum Quraisy. 

Tetapi hal ini bukanlah yang mustahil jika Rasulullah dan para sahabat selalu meminta perlindungan kepada Allah SWT. 

Dalam surat Ali Imran ayat 125 disebutkan bahwa ada 5000 malaikat yang membantu kaum muslim untuk meraih kemenangan tersebut.

Perang badar sendiri telah tertulis di dalam Al Quran tepatnya di surat Ali Imran ayat 123 hingga 126. Perang yang menunjukkan betapa Allah memiliki kuasa atas segala sesuatu yang tidak mungkin. 

Pasukan Nabi Muhammad SAW yang kalah jumlah dan kalah senjata mampu memenangkan perang tersebut dengan izin Allah SWT. 

Sejarah perang badar merupakan peristiwa penting dalam Islam yang patut diketahui sebagai Pengingat dan Hikmah bahwa Perjuangan Rosulullah SAW dan para sahabat dalam dakwah Islam begitu berat.

Demikianlah sahabat Media Islami, Sejarah Singkat Perang Badar termasuk penyebab dan Ringkasan ceritanya, semoga menjadi tambahan ilmu pengetahuan sejarah Islam dan kecintaan kita pada agama Allah SWT.

TerPopuler