Tujuan, Makna dan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW -->

Tujuan, Makna dan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW

Jumat, 23 Oktober 2020, Oktober 23, 2020

Makna dan Hikmah Maulid Nabi - islamidina.id,- Hai sahabat Media Islami, Nabi Muhammad SAW merupakan Manusia paling sempurna di Dunia, Ada banyak cara dalam memuliakannya seperti selalu bersholawat hingga memperingati hari kelahirannya.

Semua pasti sudah tahu bahwa peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW disebut Maulid Nabi. Tapi Tahukah Kalian  Hikmah Maulid Nabi ?

Umat muslim di seluruh dunia tengah merayakan maulid Nabi Muhammad SAW, perayaan tersebut jatuh di bulan Rabiul Awwal atau bulan ke 3 di kalender Hijriah. 

Baca Juga : Karomah Surat Yasin

Dimana pada tahun ini ( Tahun 2020 H ) peringatan Maulid Nabi  jatuh pada tanggal Rabu 28 Oktober 2020.

Makna dan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW


Bulan Rabbiul Awal termasuk bulan paling istimewa karena Nabi Muhammad SAW lahir ke dunia ini, 

Bahkan bulan Rabiul Awwal juga menjadi bulan pertama rasulullah SAW menerima wahyu yang menandakan beliau adalah nabi.

Di setiap daerah memiliki tradisi berbeda merayakan maulidan. Diantaranya adalah pembacaan berzanji, sholawatan dan pengajian umum yang mengisahkan sejarah Nabi Muhammad SAW. 

Di bulan mulia tersebut, ladang pahala dan rezeki terbuka lebar sehingga banyak orang berlomba menebar kebaikan. Khususnya pada orang yang membutuhkan.

Tujuan Utama dan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW

Hari kelahiran Rasulullah SAW dirayakan semua kalangan dan tak mengenal usia. Bahkan anak-anak bahagia merayakannya, apalagi di hari 12 maulid Nabi terdapat tradisi unik. Yaitu tradisi membagikan makanan dalam bentuk tas, atau ember dan sejenisnya. 

Anda bisa mengisinya dengan makanan matang beserta lauk-pauk, atau bahan makanan. Setelah itu tradisi tersebut di berikan pada Masjid atau Mushola, pastinya sanak saudara dan orang yang membutuhkan.

Terdapat tujuan utama dan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW, seyogyanya disyukuri dan jadikan pelajaran berharga dalam hidup. Berikut ada beberapa tujuan yang dapat dijadikan wawasan, diantaranya adalah:

1.  Percaya Bahwa Nabi Muhammad Adalah Utusan Allah

Sebagai umat muslim, wajib percaya bahwa Rasulullah adalah utusan Allah. Cara mempercayainya mudah, salah satunya dengan mempercayai beragam mukjizat Nabi dan turut bahagia merayakan maulidan. 

Untuk itulah wajib memperbanyak membaca barzanji, sholawatan, membaca Al-Qur’an dan mengikuti pengajian. 

Baca Juga : Strategi Dakwah dan Perkembangan Islam di Indonesia

Tanamkan kebiasaan positif tersebut pada anak-anak, dengan begitu mereka selalu mengingat dan melakukan hal positif. 

Banyak hadits dan dalil yang memperbolehkan perayaan maulid Nabi, walaupun tengah terjadi bencana, acara maulidan bisa dilakukan di rumah bersama keluarga.

2.    Tradisi Istimewa yang Dirayakan Umat Islam Di Seluruh Dunia

Tujuan selanjutnya adalah dirayakan umat Islam seluruh dunia. Pastinya, lebih berkesan karena banyak manfaat. Bayangkan saja jika, umat Islam berkumpul menjadi 1. Dipastikan suasananya fantastis dan tak bisa diungkapkan dengan perkataan.

Selain itu anda bisa merayakan di perumahan, di Masjid atau Mushola. Tentunya di sesuaikan dengan kondisi tempat tinggal, jadikanlah bulan Rabiul Awwal penuh makna cinta kasih pada Rasulullah SAW. Dengan begitu melakukan kebaikan setulus hati tanpa ada rasa dengki atau iri.

3.     Terdapat Nilai Kebaikan Yang Mendalam

Bulan Rabiul Awwal menjadi bulan istimewa dan banyak nilai kebaikan yang tersaji. Umat muslim akan membagikan sebagian rezeki dalam bentuk makanan sesuai tradisi merayakan maulid Nabi. 

Hal tersebut membuat orang yang membutuhkan bahagia karena mendapat banyak rezeki, hal tersebut di perkuat dengan dalil yang menyebutkan tolong menolong terhadap sesama.

4.     Lebih Dekat Dengan Agama

Ketulusan hati menyambut Maulid Nabi SAW, membuat umat muslim lebih dekat dengan agama Islam. Sejatinya, secara rutin membaca Al-Qur’an, membaca barzanji dan sholawatan. 

Secara langsung, sikap membutuhkan dan yakin akan kebaikan yang tertanam lebih mendalam. Yang terpenting adalah menjaga tali persaudaraan sehingga bersama-sama memaknai maulid Nabi yang agung.

Artikel Pilihan : Keutamaan Ayat Kursi

Maulid Nabi Muhammad SAW adalah hari yang mulia, bahkan menurut beberapa hadits menyatakan keikutsertaan Rasulullah merayakan maulidan. 

Alhasil, jika anda rutin berangkat maulidan maka ada di sekitar Rasulullah dan para malaikat yang turut membacakan barzanji.

Demikianlah Gaess beberapa Makna, Tujuan dan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW, Semoga menambah kecintaan kita pada Rosulullah SAW dan mendapatkan Syafaatnya di Hari Akhir Nanti ... Aamiin.

TerPopuler