Pentingnya Sedekah Untuk Kehidupan ! Ketahui Manfaat sedekah Yang Luar Biasa -->

Pentingnya Sedekah Untuk Kehidupan ! Ketahui Manfaat sedekah Yang Luar Biasa

Senin, 19 Oktober 2020, Oktober 19, 2020
Manfaat dan pentingnya Sedekah - islamidina.id,- Sampai jumpa kembali ukhi dan ikhwan dalam kehidupan yang bahagia ini. khususnya lagi dengan admin Media islami.

Walaupun menjalani kehidupan penuh cobaan tetapi harus semangat menjalaninya, terdapat pahala dan sedekah besar jika anda menjalaninya dengan ikhlas. 
 
Intinya, raih impian setinggi mungkin agar mendapat manfaat. Jangan lalai memberikan sedekah di setiap rezeki sehingga lebih bermakna.

Baca Juga : Lirik Ya Tarim

Perlu diketahui, manfaat sedekah berlaku untuk penerima dan pemberi loh. Walaupun, rezeki yang disedekahkan berupa uang atau benda yang terpenting ikhlas. Iringi dengan ketulusan sehingga memperoleh manfaatnya, layaknya tauladan yang diberikan Rasullah SWA kepada umatnya.
 
manfaat sedekah

Manfaat Sedekah Untuk Kehidupan Yang Lebih Bermakna

Sejatinya, sedekah termasuk salah satu sunnah yang ditunjukkan umat Islam di seluruh dunia. Dalam Hadits Riwayat Bukhari Dan Muslim, 
 
Rasullah SWA bersabda, “ Jagalah diri kalian dari api neraka sekalipun hanya sedekah setengah biji kurma. Barang siapa yang tidak dapat mendapatkannya, maka ucapkanlah perkataan yang baik.”

Allah SWT sudah mencantumkan semua hal di dunia pada Al-Qur’an. Salah satunya keutamaan sedekah untuk kebahagiaan hidup, pada Surat Al-Baqarah ayat 276 menyebutkan bahwasanya sedekah tidak akan membuat miskin. Justru menjadi kaya jika diniati dengan ikhlas. 
 

Dibawah ini, ada daftar manfaat sedekah yang harus diketahui:

1.    Memberikan Ketenangan Hati

Permasalahan yang menghimpit membuat anda was-was lantaran tak mengetahui solusi permasalahan. Apalagi mayoritas masalah berasal dari ekonomi, baik kekurangan uang, sulit mendapat pekerjaan dan masalah lainnya. Maka, jadikanlah sedekah sebagai jalan keluar permasalahan.

Anda bebas memberikan pada orang yang membutuhkan. Baik orang lansia, anak yatim, badan penerima amal dan orang yang membutuhkan. Pastinya sedekah sesuai kemampuan, baik berupa uang, makanan, minuman, pakaian atau jasa tanpa mengharapkan imbalan.

Ketulusan hati bersedekah memberikan ketenangan pada hati dan pikiran. Pasalnya beban terangkat dan tergantikan kebahagiaan melihat orang lain bahagia menerima sedekah.

2.    Memperluas Pintu Rezeki

Orang awam menganggap sedekah memicu kemiskinan karena memberikan uang pada banyak orang. Padahal Rutin bersedekah mampu memperluas jalannya rezeki, bahkan rezeki yang datang tak disangka-sangka. Baik dari orang yang dikenal atau tidak dikenal, maka niatkan sedekah hanya karena Allah SWT sehingga merasakan manfaatnya.

Dalam Hadits Riwayat baihaqi, Rasullah bersabda. “ Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu dengan cara mengeluarkan sedekah.” Bahkan sabda tersebut di riwayatkan dalam Hadits Riwayat Muslim, yaitu “Hai anak Adam. Infaklah, nafkahkanhartamu, niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu.”

3.    Terhindar Dari Mara Bahaya

Tak ada seseorang yang mampu mencegah bahaya datang karena tak mengetahui kapan bahaya datang. Tetapi rajin bersedekah ampuh mencegah bala, musibah dan kejahatan karena anda dilindungi Allah SWT dan malaikatnya. 

Rasullah juga bersabda sehingga memperkuat manfaat tersebut. “Segeralah menjalankan sedekah. Karena bencana dan musibah tidak aakn mendahului sedekah.”

Khasiat Al Quran : Karomah Surat Yasin

Selain itu, Nabi SWA juga bersabda . “ Asshodaqotu tasuddu sab’iina baaban minas suu-i” yang memiliki arti, “sedekah mampu menutup tujuh puluh pintu kejahatan dan membuatmu dapat menghindarinya.” Anda bisa mengamalkan sedekah menjadi kebiasaan sehat yang mulia, agar tak menjadi beban maka sesuaikan dengan kemampuanmu.

4.    Sebagai Obat Penyakit Yang Mujarab

Zaman modern ini, bermunculan penyakit yang sulit diobati. Siapa sangka, sedekah adalah obat segala penyakit yang mujarab. Bahkan sudah dibuktikan sejak zaman Rasullah dan manfaatnya sampai akhir zaman.

Rasulullah SWA bersabda. “Berikan benteng hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit disekitarmu dengan bersedekah. Seyogyanya, wajib persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana” (HR. Ath-Thabrani)

Manfaat sedekah untuk kehidupan sangat beragam, jangan sia-siakan harta anda untuk kepentingan yang semu. Lebih baik ibadahkan di jalan Allah sehingga merasakan manfaatnya yang luar biasa.

 Penulis : Anisa Pradita

TerPopuler