Keutamaan dan Karomah Surah Yasin -->

Keutamaan dan Karomah Surah Yasin

Sunday, 2 August 2020, August 02, 2020

Keutamaan dan Karomah Surah Yasin

Keutamaan dan Karomah Surah Yasin - Blog Muslim,- Surah Yasin merupakan salah satu Surah yang lazim di baca oleh umat Muslim Khususnya umat Muslim di Indonesia.

Surah Yasin selain dibaca harian juga sering dibacakan oleh Masyarakat saat ada Hajatan, Syukuran maupun juga saat ada orang yang meninggal. Hal ini Karena Surah ini dipercaya memiliki Manfaat, Khasiat bahkan Karomah dan Keutamaan yang khusus dibandingkan dengan Surah yang lain.

APA  SIH SEBENARNYA KEUTAMAAN DAN KAROMAH SURAH YASIN ?

Sebelum kita membahas tentang Keutamaan dan Karomah Surah Yasin, kita harus tahu dulu Apa itu surah Yasin.

Dalam Alquran, Surah Yasin adalah surah ke-36. Surah Yasin Memiliki 86 ayat, 733 kata, dan 3.068 huruf, Surah ini merupakan salah satu dari surah Makkiyah yaitu surah yang turun di kota suci Mekkah sebelum Rosulullah SAW Hijrah ke Madinah.

Surah ini berisi tentang hal - hal pokok tentang keimanan kita pada Allah SWT, Tanda - tanda Kebesaran dan Kekuasaan Allah SWT, Kisah Tentang Hari Kiamat/Akhir dan Kisah para pendakwah serta Syuhada tentang bagaimana kerasnya perjuangan mereka.

Surah Yasin juga banyak membahas dan menjelaskan tentang bagaimana akidah, ketaqwaan dan keimanan yang seharusnya dimiliki oleh seorang Muslim/Muslimah.

Keutamaan dan Karomah Surat Yasin

Dalam Alquran yang secara keseluruhan terdiri dari 30 Juz, 114 Surah dan 6236 Ayat memang ada beberapa ayat dan surah serta huruf yang memiliki keutamaan dan keistimewaan tersendiri termasuk salah satunya surah Yasin yang dalam berbagai riwayat disebutkan sebagai hatinya Alquran atau Qolbul Quran.

Hal ini tentunya bukan untuk membeda - bedakan surah dan ayat yang ada dalam Alquran, namun Allah SWT dan Rosulullah SAW memang telah menjelaskan bahwa adanya surath dan ayat tertentu dalam Quran yang memiliki Keistimewaan dan keutamaan lebih.

Contoh Surah Al - Ikhlas yang diriwayatkan sebagai Tsulusul Quran atau sebanding dengan sepertiga Alquran serta Surah al Fatihah yang diriwayatkan sebagai Ummul Quran yaitu pembuka atau induknya Alquran.

Begitu juga Surah yasin seperti yang telah saya sampaikan diatas adalah Qolbul Quran atau hatinya Al Quran.

Rosulullah SAW menjelaskan bahwa salah satu Keutamaan dan Karomah Surah Yasin ini adalah bagi yang membacanya dengan Ikhlash dan Istiqomah maka Allah SWT akan memberikan ampunan bagi segala dosa - dosanya serta mendapatkan Ridho Alla SWT.

Hal ini sesuai dengan Sabda Rosulullah SAW dalam Hadist berikut ini :

"Barang siapa membaca Surat Yasin setiap malam karena Allah SWT, maka dosanya diampuni." (HR Ahmad)

serta

"Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridoan Allah maka diampuni dosa-dosanya."(HR At Thabrani dan Al-Bayhaqi,dari Abu hurairah ra).

juga :

"Barang siapa yang membaca Surat Yasin untuk memohon ridho Allah, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu." (Al-baihagy dalam sy'abil iman serta mu’qil bin yasar rabersanma kanzul aumal Juz 112629).

Murotal Surat Yasin By Mishari Rasyid Al - Afasi 

 

Selain hal diatas Masish banyak lagi Keutamaan dan Karomah Surah yasin, Berikut ini Blog Islami Rangkum beberapa keistimewaan lain Surah Yasin dari beberapa sumber yaitu :

1. Dipermudah segala urusan di Dunia

Keutamaan dan Karomah Surah Yasin yang pertama membaca surah yasin adalah akan dipermudahkan segala urusan khususnya segala urusan Duniawi.

Hal ini banyak diungkapkan oleh banyak ulama dalam beberapa kitab dimana salah satunya menyebutkan bahwa :

"Barang siapa yang membaca Surat Yasin dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya di akhir suatu hari, maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga." (Sunaan daarimi juz 2 halaman 549).

Kemudahan Urusan Duniawi tersebut antara lain dapat berupa Masalah kehidupan sehari - hari yang lazim didapatkan oleh semua manusia yaitu Ekonomi keluarga, Masalah Pekerjaan, Kehidupan berumah tangga dan berbagai masalah hidup lainnya,

Membaca Surat Yasin dipercaya dapat mempermudah berbagai masalah hidup, misalnya masalah hutang piutang, pekerjaan, pertikaian, dan lain sebagainya.

2. Mendapatkan ketenangan dan ketentraman hati

Pada dasarnya membaca Alquran juga merupakan bagian Berdzikir pada Allah SWT yaitu mengingat dan memuji Allah SWT.

Dengan berdzikir dan membaca Alquran salah satunya Surah Yasin maka kita akan diberikan Ketenangan dan Ketentraman Hati, Hal ini sesuai Janji Allah SWT dalam Alquran, yaitu :

"(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram." (Ar-raad: 28).

3. Membersihkan dan Mensucikan jiwa

Keutamaan dan Karomah Surah Yasin yang Ketiga adalah mampu membersihkan dan mensucikan Jiwa yang Kotor karena Khilaf dan Dosa.

Manusia memang merupakan tempatnya Khilaf dan dosa untuk itu kita perlu membersihkannya, hal ini dapat kita laksanakan dengan rutin dan Istiqomah membaca Alquran Khususnya Surah Yasin.

Dari sahabat Abu Musa Al-Asy'ari radhiallahu anhu berkata, bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: "Perumpaan seorang mukmin yang rajin membaca Alquran adalah seperti buah al-atrujah yang aromanya wangi dan rasanya enak ".

Perkataan ini sekaligus juga mengumpamakan bahwa seorang umat muslim yang tidak pernah membaca Al quran maka layaknya Kurma ( Buah - buahan ) namun tidak wangi dan rasanya pun tidak enak.

Membersihakn dan mensucikan jiwa memang tidak hanya berlaku bagi Surah Yasin namun juga semua surah yang ada dalam Alquran. untu itu marilah kita perbanyak membaca Alquran terutama Surah Yasin.

4. Terkabulnya segala Hajat yang diinginkan

Keutamaan dan Karomah Surah Yasin yang Keempat adalah terkabulnya segala hajat yang diinginkan, ya  benar, Bila Kalian mempunyai hajat yang hingga saat ini belum terkabulkan maka perbanyaklah membaca surah yasin dengan Ikhlas dan Istiqomah.


Dan dengan ijin Allah SWT maka hajat tersebut insyaallah akan dikabulkan, hal ini sesuai sabda Rosulullah SAW dalam Hadist :

"Barang siapa yang membaca Surat Yasin sepenuhnya dan saat mencapai pada ayat 58 Surat Yasin tersebut diulang sebanyak 7 kali, maka Allah SWT akan mempermudah dan mengabulkan hajatnya."

5. Mendapatkan kemuliaan disisi Allah SWT maupun Manusia.

Keutamaan dan Karomah Surah Yasin yang selanjutnya adalah sama dengan surah - surah lainnya dalam Alquran yaitu akan mendapatkan kemuliaan disis Allah SWT dan segala makhluknya termasuk sesama Manusia.

Mendapatkan kemuliaan dengan membaca Alquran telah Rosulullah SAW jelaskan dalam beberapa hadist seperti :

"Siapa yang membaca Alquran dan beramal dengan isi kandungannya, dianugerahkan kedua ibu bapaknya mahkota di hari kiamat. Cahayanya (mahkota) lebih baik dari cahaya matahari di rumah-rumah dunia. Kalaulah demikian itu matahari berada di rumahmu (dipenuhi dengan sinarnya), maka apa sangkaan kamu terhadap yang beramal dengan ini (Alquran)." (HR Abu Daud).

6. Mempermudah sakaratul maut

Membaca Surat Yasin lazim dibacakan saat mendampingi seseorang yang sedang menghadapi Sakaratul maut saat akan dipanggil kembali ke pangkuan ALLAH SWT.

Hal ini karena surat Yasin dipercaya memiliki keutamaan dan Karomah dapat mempermudah Sakaratul Maut.

Hal ini Seperti yang dijelaskan oleh beberapa ulama dalam tafsir Alquran Al azhim:

"Membaca Surat Yasin di sisinya mayat akan menurunkan banyak rahmat dan berkah dan memudahkan keluarnya ruh." (Tafsir Alquran Al-azhim 6/562 daran nassyr wat tauzi).

dan Tafsir Al–Majmu'syaih Al muhadzdzab :

"Disunahkan membaca Surat Yasin di samping seseorang yang sedang menghadapi kematian." (Al–Majmu'syaih Al muhadzdzab 5/76)

Serta :

"Barang siapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam, maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid." (HR At-Thabrani, dari pernyataan Anas bin Malik).

Dalam penjelasan yang terakhir menurut riwayat At-Thabrani sudah sangat jelas bahwa membaca Surah Yasin dengan Istiqomah dan Ikhlas akan dapat mempermudah ajal dan mati dalam keadaan Syahid.

7. Menghindarkan Kita dari siksa Alam kubur.

Keutamaan dan Karomah Surah Yasin yang berikutnya adalah dapat menghindarkan kita dari siksa Alam kubur yang sangat pedih dan sangat mengerikan, Hal ini seperti dijelaskan dalam Tafsir Nur ats-tsagalayn 4/373:

"Barangsiapa yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan Surat Yasin, maka pada hari itu Allah SWT meringankan siksa kubur mereka dan diberikannya kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur di perkuburan itu." (Tafsir Nur ats-tsagalayn 4/373).

Siapa yang tidak mau mendapat kebaikan di alam kubur ? tentunya kita semua mau mendapatkannya untuk itu saya mengingatkan pada diri sendiri dan orang lain untuk senantiasa membaca surah Yasin.

8. Keberkahan dalam hidup yang fana ini

Keutamaan dan Karomah Surah Yasin yang ke delapan dalam pembahasan ini adalah mendapatkan keberkahan hidup di Dunia yang fana ini.

Hidup di dunia ini memang hanya sementara sehingga harus kita perjuangkan agar mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Dan untuk mendapatkan keberkahan itu kita harus memperbanyak membaca Alquran khususnya Surah Yasin.

Dimana salah satu manfaat membaca Surat Yasin adalah apabila kita baca sebanyak 3x secara Ikhlah dan Istiqomah maka dengan ijin Allah SWT insyaallah hidup kita akan lebih berkah.

9. Memberikan syafa'at di akhirat

Membaca Alquran memang merupakan salah satu amalan yang tidak boleh kita tinggalkan justru jika mampu marilah kita memperbanyak membacanya.

Dengan membaca Alquran kita akan mendapatkan Syafaat dan pertolongannya di hari kiamat nanti, hal ini sesuai dengan yang rosulullah SAWsampaikan dalam hadisnya sebagai berikut :

Dari shahabat Abu Umamah Al-Bahili radhiallahu anhu, saya mendengar Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:

"Bacalah oleh kalian Alquran. Karena ia (Alquran) akan datang pada hari kiamat kelak sebagai pemberi syafa'at bagi orang-orang yang rajin membacanya." (HR Muslim).

10. Mendapatkan cahaya di hari kiamat

Keutamaan dan Karomah Surah Yasin yang ke sepuluh dalam pembahasan ini adalah mendapatkan cahaya di hari kiamat.

hal ini sesuai Hadist yang diriwayatkan Dari Abu Hurairah ra berkata bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda: "Siapa yang medengar satu ayat daripada kitab Allah Ta'ala (Alquran) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya pula, baginya cahanya di hari kiamat."

Demikianlah sahabat Blog Muslim yang kami cintai dan banggakan, Keutamaan dan Karomah Surah Yasin. Bila kalian cermati beberapa kali saya tekankan kata Ikhlas dan Istiqomah. 

Ya benar, membaca Al Quran mungkin mudah kita kerjakan, namun membaca dengan Ikhlas dan istiqomah merupakan hal perlu terus kita pelajari dan pahami.

Semoga bermanfaat, Wassalamualaikum Wr Wb

Keutamaan dan Karomah Surah Yasin

TerPopuler