Kandungan, keutamaan dan khasiat Surat Al Hadid -->

Kandungan, keutamaan dan khasiat Surat Al Hadid

Minggu, 08 November 2020, November 08, 2020

Sahabat Islamidina, Al Quranul Karim merupakan Kitab Suci Umat Islam, Dimana di dalam setiap surat dan ayat - ayatnya terkandung Perintah Ibadah, Akhlak, Aqidah, Hukum dan Kisah Umat terdahulu, Termasuk diantaranya Surat Al Hadid dengan segala Kelebihan, keutamaan dan Khasiat nya.

khasiat-surat-al-hadid-islamidina

Surat Al Hadid termasuk dalam surah Madaniyah yaitu surat yang diturunkan setelah Rosulullah Muhammad SAW Hijrah Ke Madinah.

Al Hadid diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sebagai Besi yang terdapat pada ayat ke 25 dari keseluruhan ayat yang berjumlah 29 Ayat, Dimana Surah ini merupakan surah ke 57 dalam Al Quran setelah Surat Al waqiah.

Kandungan Surat Al Hadid

Pokok isi dan kandungan Dalam Surat Al hadid adalah mengenai Hukum - hukum Islam, Keimanan, Keadaan di hari kiamat khususnya bagi orang - orang Munafiq serta tujuan penciptaan besi.

Keimanan merupakan pondasi umat islam dalam mempercayai segala ajarannya, sehingga dapat tulus dan ikhlas menjalankannya.
 
 
Terkandung juga Hukum - hukum dimana di jelaskan dalam surat ini tentang perintah - perintah untuk menafkahkan sebagian harta yang kita miliki.
 
Dalam surat ini juga terkandung tujuan penciptaan besi dimana disebutkan bahwa mempunyai kekuatan dan berbagai manfaat bagi manusia.

Keutamaan Dan Khasiat Surat Al Hadid

Dalam beberapa ceramah para tokoh agama dan alim ulama telah diterangkan beberapa Keutamaan dan Khasiat membaca Surat Al hadid dengan istiqomah dan Ikhlas antara lain :

1.  Keutamaan dan Khasiat pertama dari Surat Al Hadid adalah dengan ijin Allah SWT diselamatkan dari Senjata Musuh pada saat pertempuran membela Agama.

Diriwayatkan beberapa cara agar Khasiat Surat Al hadid dapat benar - benar dirasakan yaitu antara lain dengan membaca Surat Al hadid ayat 1 - 6 dengan tulus dan ikhlas sesaat sebelum dan saat peperangan.
 
Kelebihan-surat-al-hadid-ayat-1-6-islamidina
 
2.  Keutamaan dan Khasiat surat Al Hadid yang kedua adalah dipercaya mampu menyembuhkan beberapa penyakit seperti panas dan demam.

3.   Khasiat dan Keutamaan Al Hadid selanjutnya adalah diberikan keimanan dan sebagai penawar rasa ragu dan was was akan keagungan Allah SWT.

Hal ini karena telah diterangkan keagungan Allah SWT dalam surat Al Hadid Ayat ke 2 :
 
لَهُۥ مُلْكُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۖ يُحْىِۦ وَيُمِيتُ ۖ وَهُوَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ
 
Arab-Latin       : Lahụ mulkus-samāwāti wal-arḍ, yuḥyī wa yumīt, wa huwa 'alā kulli syai`ing qadīr
 
Terjemah Arti  : Kepunyaan-Nya-lah kerajaan langit dan bumi, Dia menghidupkan dan mematikan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.  

Artikel Pilihan : Karomah Surat Al Jin

4.    Keutamaan, Khasiat dan Kelebihan Surat Al Hadid berikutnya adalah Insyaallah diselamatkan dari para Musuh dan Perompak.

Hal ini sesuai dengan isi Surat Al hadid Ayat ke 25 yang mengisahkan tentang Keagungan dan kekuasaan Allah SWT, serta dengan penciptaan besi dengan berbagai manfaat dan kelebihannya.

لَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلَنَا بِٱلْبَيِّنَٰتِ وَأَنزَلْنَا مَعَهُمُ ٱلْكِتَٰبَ وَٱلْمِيزَانَ لِيَقُومَ ٱلنَّاسُ بِٱلْقِسْطِ ۖ وَأَنزَلْنَا ٱلْحَدِيدَ فِيهِ بَأْسٌ شَدِيدٌ وَمَنَٰفِعُ لِلنَّاسِ وَلِيَعْلَمَ ٱللَّهُ مَن يَنصُرُهُۥ وَرُسُلَهُۥ بِٱلْغَيْبِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ قَوِىٌّ عَزِيزٌ
 
Arab-Latin       : Laqad arsalnā rusulanā bil-bayyināti wa anzalnā ma'ahumul-kitāba wal-mīzāna liyaqụman-nāsu bil-qisṭ, wa anzalnal-ḥadīda fīhi ba`sun syadīduw wa manāfi'u lin-nāsi wa liya'lamallāhu may yanṣuruhụ wa rusulahụ bil-gaīb, innallāha qawiyyun 'azīz
 
Terjemah Arti   : Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka Al Kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. Dan Kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa.
 
Kesimpulan
 
Begitulah Para Sahabat Media Muslim Islamidina, Dan Sebagai penutup dari pembahasan kali ini marilah kita sama sama meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita pada Allah SWT.
 
Mari kita laksanakan segala perintahnya dan menjauhi larangannya, ingatlah bahwa kehidupan di dunia anyalah pengantar menuju kehidupan abadi di Akhirat Nanti. 
 

Serah semua keputusan hanya pada Allah SWT, karena sesungguhnnya hanya Allah yang Maha Kuasa dengan segala keagungannya.

Semoga pembahasan tentang Kelebihan, Keutamaan, Khasiat Surat Al hadid dengan ayat - ayatnya dapat lebih memantapkan ketauhidan kita. Wassalamualikum wr wb.

TerPopuler