Jaringan 5G dan Manfaatnya Bagi Pengguna Internet -->

Jaringan 5G dan Manfaatnya Bagi Pengguna Internet

Minggu, 29 November 2020, November 29, 2020

Hai Sahabat Portal Berita Islam Islamidina, Pada kesempatan kali kita akan membahas tentang Teknologi, dengan judul Jaringan 5G dan Manfaatnya Bagi Pengguna Internet, Hal ini agar kita tak ketinggalan dengan perkembangan yang sangat cepat ini.

Artikel Menarik : Cara Membobol Wifi

Ketika Saat ini kita sedang menikmati kecanggihan teknologi jaringan  4G, Santer terdengar akan hadirnya Teknologi Jaringan 5G, Seperti apa kehebatannya ? apa manfaatnya ? Yuk simak bersama.

Jaringan 5G 
Jaringan 4G adalah jaringan yang saat ini sudah banyak digunakan oleh pengguna internet di Indonesia. Baru-baru ini, kehadiran jaringan 5G dikabarkan akan hadir untuk memudahkan dan memfasilitasi para pengguna internet. 
 
Jaringan baru ini didesain untuk bisa menghubungkan semua pengguna secara virtual dari segi device, objek dan mesin yang digunakan oleh pengguna.
 
 
Tujuan utama dari hadirnya jaringan 5G yaitu agar pengguna bisa mengirim data super cepat dengan latency yang sangat minim atau kecil serta kapasitas jaringan yang jauh lebih besar dari sebelumnya. Sudah pasti pengalaman pengguna bisa meningkat ke level yang jauh lebih tinggi. 
 
Isu hadirnya koneksi internet 5G di Indonesia semakin terdengar dan memberikan kabar baik bagi para pengguna internet. 5G adalah terknologi seluler kelima yang menjadi lompatan besar di bidang kecepatan bagi perangkat nirkabel.
 
Dalam hal ini, yang dimaksud dengan kecepatan meliputi tingkat pengguna seluler yang bisa mengunduh data ke perangkat dan latensi atau kelambatan yang terjadi antara mengirim dan menerima informasi.
 
Kehadiran 5G di Indonesia diharapkan bisa menyediakan kecepatan data sebesar 10 sampai 100 kali lebih cepat dari jaringan 4G yang saat ini sudah ada. 
 
Keuntungan yang bisa dirasakan oleh pengguna 5G yaitu kecepatan unduhan pada gigabit per detik (Gb/s) dapat jauh lebih besar dari puluhan megabit per detik (Mb/s) dari kecepatan 4G.  
 

Praktek penggunaan koneksi 5G ini yaitu pada saat mengunduh film ke tablet atau ponsel hanya dalam hitungan detik. Tidak hanya dibutuhkan kecepatan data yang tinggi, saat berinteraksi dengan lingkungan pengguna misalnya augmented reality atau mobil yang dapat mengemudi sendiri, teknologi yang muncul akan membutuhkan latensi yang sangat rendah. 

Karena alasan inilah kehadiran 5G bertujuan untuk mencapai latensi di bawah tanda 1-milidetik. Hebatnya lagi, perangkat bisa menerima dan mengirim informasi hanya dalam waktu kurang dari seperseribu detik yang akan muncul secara cepat bagi pengguna. Infrastruktur baru dan teknologi dibutuhkan untuk meluncurkan 5G dan mencapai kecepatan yang dingiinkan ini.

            Orthogonal frequency-division mutiplexing (OFDM) adalah teknologi yang mendasari 5G yakni sebuah metode modulasi sinyal digital pada saluran kanal yang berbeda yang berfungsi untuk mengurangi gangguan sinyal. 

5G OFDM menjalankan operasinya dengan mengacu pada prinsip jaringan seluler yang sama seperti 4G LTE. Sedangkan Air Interface 5G NR baru bisa lebih meningkatkan OFDM untuk memberikan tingkat skalabilitas dan fleksibilitas yang jauh lebih tinggi. Sehingga dapat menjangkau lebih banyak orang dan berbagai hal. 

Baca Juga : Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW

Selain itu, bandwidth yang lebih luas akan dihadirkan oleh 5G dengan cara memperluas penggunaan sumber daya spektrum yang awalnya dari sub-3 GHz pada 4G menjadi 100 GHz begitupun seterunya. 

Kapasitas ekstrem, throughput multi-Gbps dan latensi rendah akan dihadirkan pada jaringan 5G sehingga bisa beroperasi pada kedua band yang lebih rendah dan mmWave.

Kehadiran jaringan 5G tentu membuat pengguna semakin mudah dalam menggunakan internet. Kecepatan data maksimal sampai 20 Gbps berdasarkan persyaratan IMT-2020 adalah hasil rancangan dari 5G. 

Sedangkan kecepatan data maksimal 7,5 Gbps adalah cakupan maksimal dari solusi 5G andalan Qualcomm Technologies, Snapdragon X60 Modem-RF dan Sistem Qualcomm Snapdragon. Pengunduhan dengan kualitas 8k 500 % khususnya untuk film adalah keunggulan dari hadirnya jaringan 5G. 

Tidak hanya dari segi kecepatan, kehadiran jaringan 5G sangat luas dari berbagai aspek. Misalnya adanya kapasitas jaringan dengan memperluas ke spektrum baru contohnya mmWave. 

Artikel Pilihan : Teknologi Artifcial Intelligence

Pengalaman pengguna tentu juga akan meningkat dengan kecepatan yang lebih tinggi meskipun berpindah-pindah tempat dan latensi yang digunakan juga jauh lebih rendah tetapi dengan respon yang lebih cepat.

Di Indonesia, jaringan 5G hingga saat ini masih belum ada. Kehadiran 5G di Indonesia masih tertunda karena berbagai kendala. Tetapi di berbagai belahan dunia, jaringan 5G sudah banyak dinikmati. Di tahun 2019, jaringan 5G sudah ada di 35 negara dan diprediksi akan semakin banyak lagi negara yang akan menghadirkan teknologi 5G bagi pengguna di negaranya.

Bagi pengguna yang ingin merasakan kecepatan dan kenyamanan dari jaringan 5G tentu membutuhkan perangkat ponsel khusus yang menyediakan fasilitas jaringan 5G. Smartphone yang dibutuhkan adalah yang mendukung jaringan 5G contohnya smartphone yang memiliki chipset Snapdragon X55 atau X60 Modem-RF System. Jika jaringan 5G benar-benar hadir di Indonesia, tentu akan semakin banyak lagi produsen smartphone yang menyediakan jaringan 5G di ponsel yang dijualnya. Sebagai pengguna tentu tidak sabar untuk bisa merasakan fasilitas ini.

Manfaat Jaringan 5G

            Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, jaringan 5G bisa memberikan banyak manfaat khususnya 7 manfaat berikut. Diantaranya dapat digunakan untuk Smart Air Patrol, Immersive Collaboration Future City Planning, 5G Call dan Immersive Entertainment, Seamless Gaming, Smart Surveillance dan Insutry 4.0 Enabler.

teknologi jaringan 5g

1.  Teknologi Virtual Reality (VR)

Immersive Collaboration adalah sambungan layanan ultra broadband dimana bisa menghadirkan kolaborasi tanpa batas antara pelaku bisnis di berbagai lokasi untuk saling bekerjasama. Teknologi fixed wireless access juga mendukung sistem ini. Apa itu fixed wireless access? Teknologi ini bisa memberikan kecepatan akses  untuk menyajikan konten VR dengan kualitas tinggi serta konferensi video tanpa harus risau dengan adanya gangguan.

2.  Perencanaan Kota

Kehadiran 5G bisa dimanfaatkan untuk membantu perencanaan tata kota karena adanya teknologi mixed reality. Teknologi ini akan menggabungkan tampilan virtual dan tampilan nyata. Hologram atau tampilan dengan bantuan kacamata pintar adalah bentuk dari tampilan virtual. Sehingga, penataan ruang perkotaan bisa lebih mudah dengan adanya teknologi ini karena pemerintah dapat mencocokkan perencanaan dengan tampilan nyata.

3. Koneksi lebih cepat

 Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pengguna akan semakin mudah saat mengunduh film atau video karena jaringan 5G didukung dengan kecepatan tinggi. Tidak hanya itu, dengan kecepatan tinggi yang dimiliki maka pengguna bis memaksimalkan panggilan video. Keunggulan ini sangat bermanfaat di sektor industri kreatif karena pengguna bisa menyajikan konten video dengan resolusi hingga 4K tanpa khawatir dengan adanya gangguan.

cloud gaming

4.  Cloud gaming

 Kelebihan yang bisa dirasakan dengan hadirnya jaringan 5G yaitu cloud gaming. Kehadiran jaringan 5G bisa memperbesar peluang perkembangan industri cloud gaming. Sehingga bisa memudahkan pemain gim. Pemain gim cukup melakukan streaming gim yang akan dimainkan tanpa perlu repot.

5. Membantu industri 4.0

Selain penjelasan yang memudahkan pengguna di atas, salah satu pemanfaat 5G yang sangat terasa manfaatnya yaitu di industri 4.0 khususnya di sektor logistik. Hal ini tentu bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis yang selama ini mengandalkan pengiriman barang dengan bantuan internet.         

Para pebisnis dapat memanfaatkan jaringan 5G untuk memantau dan memonitor barang di pabrik atau di gudang. Alasannya karena jangkauan jaringan 5G lebih luas dari Wifi dan perangkat yang dibutuhkan lebih sedikit.

Akhir Kata 

Dengan penguasaan telnologi kita akan dapat menggemgam Dunia dan sebaliknya tanpa pemahaman teknologi kita akan semakin tertinggal. 

Nah demikianlah sobat, Pembahasan kita kali ini tentang pengertian Jaringan 5G dan Manfaatnya Bagi Pengguna Internet termasuk bagi para Muslim. Hidup Muslim Indonesia

 Sumber : Blog Literacy Militer

TerPopuler