Amalan Sunnah Rasulullah SAW Di Hari Jumat -->

Amalan Sunnah Rasulullah SAW Di Hari Jumat

Kamis, 14 Januari 2021, Januari 14, 2021

Assalamualaikum wr wb, Haiii sahabat Islamidina.com, semoga kita diberikan kesehatan dan semangat menjalani aktivitas ya. Walaupun musim pancaroba, semangat dan rutinitas harus berjalan. Pastinya senantiasa melaksanakan sholat Jum’at bagi kaum laki-laki. Apalagi sholat Jum’at memberikan manfaat beragam untuk kehidupan jangka pendek dan jangka panjang. Berikut Amalan Sunnah Rasulullah SAW Di Hari Jumat !!

Amalan Sunnah Rasulullah SAW Di Hari Jumat

Sejatinya, hari Jumat termasuk hari paling istimewa sehingga Allah SWT menyebutnya sebagai rajanya hari. Bahkan lebih utama dibanding 2 hari raya, yaitu hari raya Idul Fitri dan hari raya Idul Adha. Tetapi hal tersebut dikembalikan pada kepribadian masing-masing dan hanya Allah sajalah yang mengetahui kebenarannya.

Amalan Sunnah Yang Dilakukan Rasulullah Di Hari Jumat

Allah SWT sangat memuliakan umat Nabi Muhammad SAW dengan hari Jumat. Bahkan kemuliaan tersebut berlaku di zaman modern ini, selain itu Rasulullah melakukan berbagai amalan sunnah di hari Jumat. Pastinya, amalan yang dilakukan Rasulullah sangat berarti dan manfaatnya luar biasa. Berikut ada amalan sunnah yang dilakukan beliau untuk di contoh, antara lain:

1.      Segera Mandi Dan Pergi Ke Masjid

Hal ini sering diabadikan masyarakat zaman modern ini, dalam benak mereka yang penting sholat Jumat berjamaah di Masjid. Tak masalah datang lebih awal atau belakang, padahal segera mandi dan pergi ke Masjid lebih awal mendapat pahala yang sangat besar.

Rasulullah selalu mandi lebih cepat sekitar pukul 11.00 atau 10.00. Kemudian pergi ke Masjid paling awal, mendekat ke Khatib dan khus’yu mendengarkan khutbah. Untuk itulah setiap langkah akan mendapat pahala layaknya pahala satu tahun, bahkan seperti pahala puasa dan sholat malam selama satu tahun.

Baca Juga : Gaya Hubungan Suami Istri Yang Dilarang Agama Islam

Jangan salah loh, hal tersebut terdapat pada Hr. Imam At-Tirmidzi No 456. Sebagai umat muslim, sudah sepatutnya melakukan amalan sunnah yang dilakukan Rasulullah. Maka, sempatkan pulang lebih cepat tatkala banyak rutinitas.

2.      Membaca Surat Al-Kahfi

Sejatinya, Rasulullah senantiasa membaca Surat Al-Kahfi setiap hari Jumat karena manfaatnya luar biasa. Bahkan dalam Hadist Riwayat Ad-Darimi mengatakan, “Sesungguhnya, barang siapa meluangkan waktu membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat, niscaya ia akan disinari cahaya antara dia dan ka’bah:.”

Bahkan ada riwayat lain yang menyebutkan, siapa saja yang membaca surat Al-kahfi akan mendapat cahaya kebaikan antara 2 jumat. Sebagai umat muslim, membiasakan amalan sunnah harus dicoba karena sudah dilakukan oleh Rasulullah dan terdahulunya.

3.      Memperbanyak Doa Dan Dzikir

Sejatinya, berdzikir adalah cara wajib mengingat Allah SWT sehingga dilakukan setiap saat. Dengan begitu anda terhindar dari perbuatan tidak baik karena selalu mengingat perintah Allah dan menjauhi larangannya, maka perbanyaklah dzikir dan doa di hari Jumat memberikan keteguhan dan ketulusan hati.

Dalam surat Jumu’ah ayat 9 mengatakan, “Wahai orang yang beriman, tatkala kamu diperintah untuk sholat Jumat, segera lah beranjak dan mengingat Allah SWT.”

4.      Memperbanyak Sholawat

Perlu diketahui, membaca sholawat menjadi kebiasaan umat muslimin di seluruh dunia sebagai cinta kasih pada Rasulullah. Usahakan memperbanyak sholawat di hari Jumat, anda bisa membacanya sebelum dan sesudah sholat Jumat. Selesai sholat fardu maupun tatkala bersama keluarga, dengan begitu kebersamaan keluarga semakin harmonis dan penuh cinta. Pastinya anak-anak semakin mendalami agama Islam sehingga wawasan keislamanannya luas.

Baca Juga : Khasiat Surat Al Ikhlash

Sejatinya, amalan sunnah yang dilakukan Rasulullah SAW masih banyak. Sebagai umat muslim, melakukan amalan sunnah adalah kebahagiaan dunia dan akherat. Anda bisa mempraktekan amalan sunnah diatas sebagaimana Nabi Muhammad SAW melakukannya sepenuh hati. jangan lupa baca juga Jenis Tes psikologi . Wassalamualaikum Wr Wb.

 


TerPopuler