Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

8 Khasiat Bunga Safron untuk Kesehatan

Nama bunga safron saat ini memang makin populer. Terutama karena khasiatnya untuk kesehatan. Bunga safron juga bisa disebut rempah yang sudah digunakan sejak dulu karena manfaatnya luar biasa. Selain itu, harganya yang cukup mahal memang menjadi pembeda diantara rempah lainnya. Safron membutuhkan banyak tenaga dan waktu untuk memproduksi atau memanennya. Tak heran jika harganya lebih tinggi dibanding yang lain dengan khasiat bunga safron untuk kesehatan yang sudah terbukti.

khasiat bunga safron

 Baca juga : Cara mendapat kode undangan tiktok

Selain nama safron, bunga ini juga disebut sebgai bumbu matahari karena bisa memperbaiki suasana hati seseorang. Safron bisa lebih efektif jika dibandingkan dengan plasebo yang dimanfaatkan untuk menangani depresi derajat ringan ataupun sedang. Manfaatnya bisa dikatakan setara dengan obat depresi.

8 Khasiat Bunga Safron untuk Kesehatan

1. Mengurangi Nafsu Makan

Bagi mereka yang kesulitan untuk diet atau menurunkan berat badan, safron bisa membantu Anda. Makan cemilan tidak sehat saat ini memang dialami banyak orang bahkan memicu kenaikan berat badan. Safron bisa berkhasiat untuk mengurangi nafsu makan. Mengonsumsi ekstrak safron akan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk makan camilan bisa berkurang. Mereka yang mengonsumsi ekstrak safron selama 8 minggu juga ditemukan mengalami penurunan berat badan lebih signifikan jika dibandingkan dengan konsumsi plasebo.

2. Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas tentu membawa dampak buruk untuk kesehatan. Agar bisa menangkalnya, ekstrak safron bisa Anda konsumsi. Sebuah studi menyebut bahwa safron memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dimana beberapa diantaranya adalah crocin, picrocrocin, safranal hingga senyawa kaempferol. Antioksidan ini yang akan membantu tubuh dalam melawan stres oksidatif dan radikal bebas. Stres oksidatif ini yang berbahaya dan bisa jadi biang masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan kanker.

3. Meningkatkan Penglihatan

Khasiat bunga safron untuk kesehatan berikutnya adalah mampu meningkatkan penglihatan. Terutama pada penglihatan orang dewasa yang memiliki masalah penglihatan kabur dengan degenerasi makula karena usia. Dengan mengonsumsi ekstrak safron secara rutin, cara ini bisa meningkatkan penglihatan dan mampu melindungi kerusakan radikal bebas yang terkait AMD atau usia tadi.

4. Mengurangi Kerutan dan Garis Halus

Safron bukan hanya bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh tetapi juga bermanfaat untuk kecantikan. Adanya kandungan antioksidan di dalam safron bermanfaat untuk memperlembat dan mengurangi kerutan serta garis halus di wajah. Radikal bebas yang terlalu banyak akan menyebabkan proses penuaan dini dan memicu peradangan. Sementara antioksidan dalam safron itu sendiri dibutuhkan untuk bisa mencegah aktivitas oksidatif sel serta meregenerasi vitamin E agar kulit bisa meningkatkan produksi kolagennya.

5. Mengatasi Lingkar Hitam

Safron untuk kecantikan juga bisa mengatasi lingkar hitam pada mata. Agar mendapat hasil yang maksimal dengna mencerahkan lingkar hitam pada mata, Anda bisa mencampurkan safron dengan bahan-bahan alami untuk masker mata. Safron berfungsi menghilangkan kulit kusam serta mencerahkan kulit dan meneksfoliasi kulit sehingga membuat kulit di sekitar mata lebih cerah.

6. Menurunkan Kadar Lemak dalam Darah

Beberapa mereka yang mengonsumsi safron mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Meski memang butuh  penelitian lebih lanjut, tetapi khasiat bunga safron untuk kesehatan ini dipercaya banyak orang. Tidak hanya itu, banyak ahli kesehatan yang menambahkan bahwa manfaat dari safron juga mampu meningkatkan koleskterol baik atau HDL.

7. Meringankan Nyeri Karena Haid

Untuk para perempuan, menghadapi PMS memang sulit. Selain karena kram perut, seringkali terasa nyeri di sekitar perut. Khasiat bunga safron untuk kesehatan juga bisa meringkankan nyeri ketika mengalami haid. Perempuan yang rutin mengonsumsi safron lebih minim merasakan nyeri fisik saat mens atau mengalami gejolak emosional.

8. Mencegah Diabetes

Ada sebuah penelitian yang telah dipublikasikan oleh Sciencedirect yang menyebut bahwa safron bisa meningkatkan sensitivitas hormon insulin. Manfaatnya adalah bisa mencegah atau mengobati penyakit diabetes. Selain itu, untuk terhindar dari diabetes harus diimbangi dengna gaya hidup yang sehat dan rajin berolahraga.

Baca juga : Aplikasi hello penghasil Uang

Banyak khasiat bunga safron untuk kesehatan ataupun kecantikan yang bisa Anda dapatkan. Tak heran jika harganya cukup mahal atau disebut sebagai rempah paling mahal dibandingkan yang lain. Namun, harga yang mahal tidak akan sebanding dengan usaha kita untuk menjaga kesehatan. Manfaatkan ekstrak bunga safron dan konsumsi secara rutin. 

Posting Komentar untuk " 8 Khasiat Bunga Safron untuk Kesehatan"

close
[ klik disini 2X ] [ close ]