Perang Di Zaman Rosul / Nabi Muhammad SAW -->

Perang Di Zaman Rosul / Nabi Muhammad SAW

Selasa, 26 Januari 2021, Januari 26, 2021

Assalamualaikum wr wb. Kembali bersama kami sahabat Islamidina, menilik sejarah Islam memang tak ada habisnya. Apalagi awal kemunculan Islam tak serta merta diterima baik oleh masyarakat, khususnya di Zaman Nabi Muhammad SAW.  Agama ini berdiri dengan penuh usaha dan darah dalam peperangan. Untuk kita harus tahu beberapa Perang di Zaman Nabi Muhammad SAW.

Perang Zaman Rosul / Nabi Muhammad SAW

 Perang Di Zaman Nabi Muhammad SAW

Di Zaman Rasulullah banyak perang untuk mempertahankan agama Islam, Rasulullah berusaha sepenuh hati dan rela mati demi mempertahankan agama Allah.

Berbeda dengan zaman sekarang, sekarang semuanya serba canggih dan mudah. Tetapi perang masih ada loh, tinggal setiap insannya saja yang mengartikan. 

Baca Juga : Khasiat Surat Alam Nasroh

Umat Islam harus mengetahui etika dan berbagai hal yang masih berkaitan dengan Islam, jangan sampai larut dengan gaya hidup luar yang melenceng dari agama Islam. 

Intinya adalah menjaga sikap dan toleransi dengan menjaga keimanan secara maksimal. Menilik perang yang terjadi di zaman Rasullullah, sangatlah besar dan menjadi bukti sejarah Islam.

Macam-macam Perang Di Zaman Rasulullah SAW

Dalam buku sejarah dan Islam, pastinya perang tercatat dalam surat Al-Qur’an. Sudah sepatutnya umat muslim mengetahui macam-macam perang di zaman Rasulullah agar wawasan semakin luas. Berikut ada macam-macam perang yang terjadi di zaman Nabi Muhammad SAW, antara lain:

1.      Perang Waddan

Perang Waddan dikenal sebagai perang Al-Abwa yang terjadi di bulan Shafar tahun 2 Hijriyah atau 623 Masehi. Sejatinya, Waddan adalah daerah yang terletak sekitar 250 km dari Tenggara kota Madinah. Tak main-main, saat perang berlangsung jumlahnya mencapai 70 orang dari kalangan sahabat Mujahirin dan dipipimpin Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga : Aplikasi Compass Penghasil Uang

Pemicu perang tersebut adalah serombongan Quraisy Mekkah yang melewati wilayah Waddan. Rombongan Quraisy sudah mengobarkan peperangan sejak agama Islam pertama muncul dan telah mengambil harta karun secara keji. Bahkan perang tersebut menimbulkan perjanjian Rasulullah dengan Amr bin Makhsyu Adh-Dhamiri.

2.      Perang Buwath

Dalam perang Buwath, Rasulullah memimpin pasukan sebesar 200 orang sahabatnya. Sementara jumlah pasukan Quraisy 100 orang dan dipimpin oleh Umayyah bin Khalaf, melihat Rasulullah  bergerak cepat membuat pasukan Quraisy melewati jalan tersembunyi untuk menghindari cegtatan umat muslim. Tetapi perang tersebut berakhir tanpa ada kontak senjata.

3.      Perang Safwan

Perang Safwan dikenal sebagai perang Badar pertama yang terjadi di bulan Rabiul Awal tahun 2 Hijriyah. Perang dilatarbelakangi tindakan Kirz bin Jabir A-lFahri yang menyerang peternakan masyarakat Madinah. Untuk itulah Rasulullah memimpin pasukan 70 orang, tetapi saat ke lokasi perang tak menemukan Kirz bin Jabir Al-Fahri dan pasukannya.

4.      Perang Badar 2

Perlu diketahui, perang Badar 2 termasuk perang yang sangat masyhur. Tak heran perang tersebut dikenal lekat dari generasi ke generasi berikutnya, alhasil perang dusebut sebagai aktivitas militer pertama yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dan sahabatnya.

Perang Badar 2 terjadi di bulan Ramadhan tahun 2 Hijriyah, Rasulullah memimpin pasukan 313 orang kaum muslim. Mereka menghadapi 1000 orang kaum Mekkah yang dipimpin Abu Jahal, tetapi perang tersebut membuat 22 orang kaum muslim gugur dan mati syahid. Sementara kaum Mekkah 70 oeang tewas dan 70 orang terluka, untuk itulah kaum muslimin memenangkan perang.

Baca Juga : Aplikasi foto Penghasil Uang

Sejatinya, perang yang terjadi di zaman Nabi Muhammad SAW masih banyak mencapai 27 macam perang. Misalnya perang Bani Qainuqa’, perang Bani Sulaim, perang As-Suwaiq, perang Dzi Amr atau perang Gghathafan yang dikenal perang Anmar, perang Uhud, perang Hamraul Asad, perang Bani Nadhir dan perang lainnya. untuk itulah ulasan diatas bisa dijadikan wawasan perihal perang di zaman Rasulullah.

Akhir Kata  

Demikianlah sobat sedikit pembahasan kita tentang beberapa Perang Di Zaman Nabi Muhammad SAW , sebagai pengingat kita bahwa penyebaran agama Islam dilakukan dengan penuh usaha dan kita sebagai umat Rosulullah SAW harus menjaga agama ini.

Terima Kasih telah mampir di islamidina.id yang akan selalu menyajikan artikel - artikel Islami yang menambah wawasan kita sebagai Muslim. Wassalamualaikum wr wb.

 

 


TerPopuler