-->

Review Instagram - Sejarah Hingga Manfaat Menggunakan Platform Ini

hpk

IG atau Instagram adalah satu dari beberapa platform populer di dunia yang digunakan untuk berinteraksi di dunia maya. Dilaporkan bahwa di Indonesia, mayoritas pengguna aplikasi ini adalah perempuan yang mendominasi sebanyak 50,6 %. Sementara laki-laki yang menggunakan aplikasi ini sebanyak 49,2%. Simak ulasan mengenai pengertian, manfaat dan fitur dalam aplikasi IG berikut ini.

aplikasi instagram apk versi terbaru


Pengertian dan Sejarah IG

Istilah IG diambil dari kata Insta atau instan yang berarti cepat dan kata teleGram yang dikenal dapat mengirim berita dengan cepat. Secara umum IG dapat didefinisikan sebagai platform berbasis foto dan video yang digunakan untuk saling bertukar informasi secara online.  

Aplikasi IG pertama kali dirancang pada tahun 2010 di San Francisco oleh perusahaan startup Burbn Inc. Awalnya aplikasi ini dijalankan pada perangkat berbasis iOS, namun karena terlalu banyak fitur kemudian perancangnya yaitu Kevin Systrom dan Mike Krieger menyederhanakan fiturnya. Selanjutnya aplikasi yang telah disederhanakan hanya memiliki fitur berbagi foto, memberi komentar dan menyukai.

Pada tahun 2012 aplikasi ini resmi diakuisisi oleh Facebook dan dapat digunakan pada perangkat Android. Sejak itu, aplikasi IG pun mendunia dan menjadi satu dari beberapa platform terpopuler di jagat maya. Selain merilis versi HP, di tahun 2012 IG juga dirilis dalam bentuk web app yang dapat digunakan di PC dan laptop.

Fitur Menarik Dalam IG Terbaru

Pada awalnya, fitur dalam aplikasi Instagram hanyalah berbagi foto, komentar dan menyukai saja. Pada tahun 2016 diluncurkan fitur-fitur dan layout baru yang lebih menarik dengan logo yang lebih atraktif. Hingga saat ini terdapat aneka fitur andalan IG seperti:

● IGTV. Ini adalah fitur yang bisa membuat pengguna IG berbagi video dengan durasi hingga satu jam lamanya seperti dalam acara TV. Fitur ini sangat populer di kalangan pengguna yang gemar berbagi video dan terutama dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis.

● Insta Story. Ini adalah fitur yang memungkinkan para pengguna untuk memposting story berupa foto atau video dan akan menghilang dalam waktu 24 jam.

● Insta Reels. Adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat video berdurasi pendek sepanjang 15 atau 30 detik.

● Filter Favorit. Untuk membuat tampilan profil bergaya unik dan otentik, ada 40 filter favorit yang dapat diterapkan sehingga profil IG pengguna menjadi semakin menarik.

● Insta Questions. Adalah fitur yang merupakan media tanya jawab antara pemilik akun dan followernya. Fitur ini populer di kalangan para artis dan influencer.

● Insta Direct. Adalah fitur dimana pengguna dapat berbagi foto, video, profil, hashtag atau lokasi dengan seseorang atau grup kecil langsung dari feeder akunnya.

● Insta Video dan Live Video. Fitur ini populer di kalangan para pebisnis yang dapat memanfaatkan fitur berbagi video berdurasi 60 detik untuk memasarkan produknya di IG.

● Hyperlink User dan Hashtag di Bio. Fitur ini bagus bagi para pebisnis karena saat pengguna mengetik tanda tagar maka secara otomatis akan dijadikan hyperlink dan follower dapat tersambung ke akun atau tagar merek produk dari pengguna akun tersebut.

Manfaat Menggunakan IG

Menggunakan platform IG baik untuk penggunaan pribadi maupun sebagai media bisnis, memiliki beragam manfaat dan kegunaan. Selain dapat berinteraksi secara sosial di dunia maya, beberapa manfaat menggunakan IG diantaranya adalah:

● Sebagai media hiburan.

● Dapat menjadi tempat mencari ide kreatif.

● Mendapat rekomendasi tempat liburan.

● Meraup uang karena memasarkan produknya di IG.

● Mendapat ketenaran sebagai Selebgram atau Influencer di IG.

● Bisnis online semakin berkembang.

Demikian ulasan mengenai Instagram baik dari segi pengertian hingga manfaat menggunakan aplikasinya. Seperti halnya media sosial lainnya, gunakan aplikasi IG dengan bijaksana dan dalam batas kewajaran. Jangan menyalahgunakan aplikasi ini untuk tujuan negatif dan berbagi konten yang tidak pantas.

0 Response to "Review Instagram - Sejarah Hingga Manfaat Menggunakan Platform Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel