Ringkasan Perang Uhud : Penyebab dan Hikmahnya ( Lengkap ) -->

Ringkasan Perang Uhud : Penyebab dan Hikmahnya ( Lengkap )

Sabtu, 26 September 2020, September 26, 2020

penyebab perang uhud

Ringkasan Perang Uhud : Penyebab dan Hikmahnya - Sejarah penyebaran Islam mencatat beberapa peristiwa penting. Dimana salah satunya merupakan sebuah Kisah perlawanan umat Islam yang terjadi di Jabal uhud.

Perang tersebut terkenal dengan Perang Uhud, Ikuti terus Kisah lengkap dan menariknya hingga selesai ya ...

Penyebab Perang Uhud 

Perang Uhud merupakan perang besar dengan beberapa penyebab yang mebuatnya terjadi, antara lain :

Balas Dendam Kaum Quraish atas Kekalahan di Perang Badar

Penyebab Perang Uhud Yang utama adalah kekalahan Kaum Quraish pada perang Badar, Hal ini membuat kaum musyirkin berkeinginan besar untuk membalas dendam pada kaum Muslimin sehingga diaturlah Sebuah Perang di Jabal Uhud.

kekakalahan Kaum Musyirikin di Perang Badar, benar benar membuat menjadi luka yang sangat mendalam.

Baca juga : Perang Diponegoro, Perang Dunia 2 

Hal ini Karena dalam perang badar tersebut banyak terbunuh para tokoh - tokoh terkenal dari kaum Quraish.

Setelah Kekalahan itu, Kaum Quraish bahkan langsung mengangkat Abu Sofyan sebagai pemimpinnya untuk segera melaksanakan Balas dendam pada kaum muslimin.

Abu Sofyan segera mempersiapkan Perang besar - besaran dengan kaum muslimin hingga berhasil mengumpulkan Unta lebih dari seribu ekor dan Uang 500 Dinar.

Permasalahan Ekonomi Kaum Quraish 

Selain Keinginan untuk membalas dendam pada Kaum Muslimin atas Penyebab perang uhud lainnya adalah permasalahan ekonomi yang menerpa Kaum Quraish.

Perang membuat perekonomian kaum Musyirikin Mekkah mengalami tekanan yang sangat hebat, belum lagi kerugian yang didapat dikarenakan adanya beberapa kafilah kaum Quraish yang hilang dan dirampas selama perjalanan dagangnya.

Salah satu cara memuliskan perekonomian adalah dengan membalas dendam pada kaum muslimin dan menang pada Perang Uhud.

Tersebarnya Islam secara cepat di Jazirah Arab

Akhlak Rosulullah SAW dan kemengan Muslimin dalam beberapa perang membuat Islam tersebar sangat cepat di Jazirah Arab terutama di Madinah.

Kaum Quraish yang Khawatir akan penyebaran tersebut ingin segera menghentikan penyebaran Islam tentunya dengan mengalahkan pasukan nabi Muhammad SAW dalam sebuah peperangan.

Untuk itu kaum Quraish benar benar mempersiapkan perang uhud sangat  baik bahkan kaum Quraish mempersiapkan pasukan yang cukup besar kurang lebih dengan 3000 orang dimana 15 diantaranya merupakan wanita.

Ringkasan Perang Uhud

Perang Uhud terjadi pada bulan 10 -15 Tahun ke 3 Hijriyah, Perang ini terjadi di kaki Gunung / jabal uhud yaitu sebuah Gunung yang terletak kurang lebih 3 m di sebelah utara kota madinah.

Dalam Perang Ini Kaum Quraish mengerahkan 3000 orang bala tentaranya dilengkapi dengan 200 orang sebagai pasukan berkuda dan sisanya menunggangi unta, lengkap dengan dengan senjata dan baju besinya.

Kaum muslimin sendiri langsung dipimpin oleh nabi Muhammad SAW dengan mengerahkan 1000 orang pasukan, namun 300 orang diantaranya dipimpin oleh Abdullah Bin ubay menarik diri dan lari dari perang meninggalkan kaum muslimin lainnya.

Kisah Sedih Perang Uhud

Kisah sedih perang uhud bagi Muslimin karena dalam Perang ini Umat Muslim hampir mengalami kekalahan dengan banyaknya pasukan yang gugur dalam peperangan.

Dalam perang yang terjadi pada pada hari sabtu tanggal 11 Syawal tersebut lebih dari 70 Orang Muslimin yang gugur termasuk diantaranya Hamzah bin abdul Muthallib sang paman Rosulullah SAW.

Bahkan dalam Riwayat juga dijelaskan Bahwa Rosulullah SAW sendiri terluka dalam perang ini akibat serang Utbah bin abu Waqqash dimana potongan besi yang dilemparnya mengenai Wajah nabi Muhammad SAW.

Para Sahabat hingga harus bergantian dan bekerja keras untuk melindungi Rosulullah SAW dari serangan para kaum Musyirikin.

Penyebab Hampir kalahnya Pasukan Muslimin ini dikarenakan jumlah pasukan yang berbeda jauh namun yang paling fatal adalah kelengahan kaum muslimin yang mengira pasukan telah berakhir dan meninggalkan posisi mereka khususnya pasukan pemanah yang ditempatkan di lereng - lereng Gunung Uhud.

Kelengahan ini membuat Pasukan Quraish yang dipimpin Khalid Bin Walid memanfaatkan keadaan dan menyerang balik pasukan Muslim hingga akhirnya harus mundur.

ringkasan perang uhud

Hikmah Perang Uhud

Ditengah kesedihan mendalam dengan banyaknya kaum muslimin yang Gugur ( Makamnya berada di Lokasi Perang di Jabal Uhud ) dan Mundurnya Kaum Muslimin dalam Perang.

Namun Perang uhud juga menyimpan banyak Hikmah yang nantinya akan selalu diingat kaum Muslimin sehingga tidak lagi terjadi kekalahan perang - perang berikutnya serta berkembangnya islam secara pesat di Araba bahkan Dunia.

Artikel Pilihan : Ya Tarim , Karomah Surat Al Kahfi

Hikmah perang uhud tersebut antara lain adalah Kelengahan membawa kekalahan, agar senantiasa patuh dan taat pada pimpinan, tidak tergiur tergiur akan harta dan melaksanakan strategi perang yang telah diatur Rosulullah SAW.

Demikianlah sahabat Ringkasan Perang Uhud  lengkap dengan Penyebab dan hikmahnya secara singkat.

Semoga bermanfaat dan makin meningkatkan kecintaan kita pada Rosulullah SAW dan Agama Islam.

Jangan lupa Like dan Share artikel ini agar makin banyak orang yang tahu akan kisah Rosulullah SAW dalam membawa agama Islam yang rahmatan lil alamin. Wassalamualaikum wr wb.

Kunjungi Juga : Blog Militer

TerPopuler