Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sejarah Panjang Perjalanan Suzuki Di Indonesia

Suzuki merupakan salah satu merk mobil yang sangat banyak digemari di Indonesia. Perjalanan suzuki di Indonesia hingga bisa sebesar saat ini sudah dilalui sejak puluhan tahun lalu.

Berikut adalah ulasan secara lengkap mengenai kiprah suzuki di Indonesia dan sejarahnya yang menarik diketahui.

suzuki

 

Perjalanan Suzuki Era 70 an

Perjalanan Suzuki di Indonesia dimulai pada tahun 1970 an dengan peluncuran sepeda motor di bawah naungan PT Indohero Steel and Engineering Company. Sepeda motor yang dikeluarkan suzuki terdiri dari 2 tipe, yaitu FR70 dan A100.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Wifi Gratis

Berjalan 6 tahun usai perilisan 2 unit motor tersebut, Suzuki mulai melakukan produksi mobil Di Indonesia. Mobil Suzuki pertama yang dirilis di Indonesia adalah Carry ST 10 dan kendaraan roda empat dengan model fronte.

Mobil carry seri pertama mempunyai peminat yang cukup tinggi, sehingga dikembangkan lagi tipe selanjutnya, yaitu ST20. Pada tahun 1979, Suzuki mulai merilis mobil baru dengan tipe yang berbeda, yaitu Jimny Lj80.

Kendaraan roda empat yang dirilis Suzuki sejak awal kemunculannya di awal eksistensinya di Indonesia cukup mampu menarik perhatian. Hal ini terbukti dengan dirilisnya mobil dengan tipe baru yang dikembangkan sesuai dengan minat masyarakat.

Perjalanan Suzuki di Era 80 an

Mobil Jimny LJ80 yang dirilis pada akhir era 70 an dikembangkan  lagi menjadi tipe S4J10 pada awal tahun 1981. Jimny S4J10 tersebut dilengkapi dengan 4 silinder yang selanjutnya dijadikan sebagai standar untuk mobil Suzuki.

Tingkat produktivitas Suzuki cukup tinggi. Hal ini terbukti dengan dirilisnya mobil terbaru bertipe ST70. Pada tahun yang sama, Suzuki juga mulai melakukan standarisasi mesin mobil. Tujuan dari standarisasi ini adalah agar performa mobil lebih mumpuni dan bisa bersaing di pasaran.

Baca Juga : Aplikasi Foto Penghasil Uang

Perkembangan Suzuki yang sangat pesat di Indonesia membuat brand ini menerima penghargaan market leader award untuk mobil pada tahun 1986. Prestasi ini berhasil diraih oleh Suzuki karena bisa menciptakan kendaraan roda empat dengan kualitas yang tidak bisa diragukan.

Perjalanan Suzuki diEra 90 an

Pada tahun 90 an Suzuki masih membuktikan eksistensinya di dalam dunia kendaraan roda empat di Indonesia dibuktikan dengan perilisan Forsa Amenity. Mobil ini mempunyai mesin yang berstandar tinggi pada masanya, yaitu mencapai 1300 cc.

Brand mobil ini semakin besar, ditandai dengan didirikannya PT. Indomobil Suzuki International pada tahun 1990. Pendirian perusahaan induk ini merupakan penggabungan dari 5 Perseroan Terbatas milik Suzuki.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Uang Dari Wattpad

Satu tahun kemudian, tepatnya pada 1991 Suzuki kembali merilis 2 mobil terbaru, yaitu Carry 1.3 dan Esteem. Pada tahun 1995, Suzuki mulai mengenalkan sepeda motor keluaran terbarunya di pasaran, yaitu hogun FD1100cc.

Mobil Suzuki Jimny

Jimny merupakan mobil keluaran suzuki yang sekaligus menjadi icon bran ini, sehingga bisa makin dikenal oleh masyarakat luas. Mobil ini dinilai cukup unik karena bentuknya yang kecil, namun bisa digunakan untuk berpacu dalam keadaan tinggi bahkan di medan berat sekalipun.

Mobil jimny yang sangat diminati masyarakat adalah tipe SJ410 dengan mesin 4 silinder berkecepatan 1000cc. “Jimny jangkrik” dirakit di Indonesia dan dirilis pada 1982 yang langsung disambut hangat oleh pecinta mobil.

Jenis mobil ini selalu mengalami perkembangan karena miat masyarakat masih tunggu untuk kendaraan off road ini. Jimny dikenal sebagai mobil yang tangguh, meskipun bentuknya kecil dan tidak semewah produk keluaran Suzuki lainnya.

Produk Mobil Pertama Suzuki

Awal mula kiprah Suzuki ditandai dengan dirilisnya mobil Suzulight pada tahun 1954. Mobil ini mempunyai bentuk yang kecil dengan tujuan utama tetap nyaman dikendarai. Suzulight mempunyai banyak peminat karena harganya dianggap setara dengan fasilitasnya.

Ide pembuatan Suzulight terinspirasi dari kendaraan roda 4 Eropa yang sedang naik, yaitu Austin 7. Produk Suzuki ini dilengkapi dengan dual suspensi yang dikenal cukup canggih di zamannya, yaitu rack and pinion steering dan coil spring.

Baca Juga : Cara Bobol Wifi

Suzulight ini awal mulanya dipasarkan untuk negara Jepang saja dengan peminatnya yang selalu meningkat. Hal ini membuat Suzuki mengeluarkan ide-ide mobil terbaru hingga mengembangkan kiprahnya dan menembus pasaran kendaran roda empat di Indonesia.

Mobil keluaran Suzuki masih dapat bersaing di pasaran hingga saat ini arena produknya selalu mengalami upgrade kualitas. Fasilitas dari mobil keluaran Suzuki juga tergolong menarik dilengkapi dengan mesin yang membuat berkendara semakin nyaman.

Posting Komentar untuk " Sejarah Panjang Perjalanan Suzuki Di Indonesia"

close
[ klik disini 2X ] [ close ]