Belajar Jurumiyah Daftar Bab Yang Akan Dipelajari

Belajar Jurumiyah Daftar Bab Yang Akan Dipelajari

Monday, 28 October 2019, October 28, 2019
kitab jurumiyah,jurumiyah,ilmu nahwu jurumiyah, belajar nahwu,
Jurumiyah

ISLAMIDINA - Setelah kemarin saya sudah membuat postingan yang membahas tentang ilmu nahwu yang diambil dari kitab jurumiyah maka sekarang kita akan mulai mempelajari kitab jurumiyah mari kita sama sama belajar jurumiyah.

Disini saya akan menjelaskan apa saja bagian bagian yang akan dibahas dalam kitab jurumiyah tersebut mulai dari bab per bab hingga setiap patokan dan pengertian dari yang paling mendasar. Maka dari itu harus diperhatikan secara seksama agar tidak ada yang terlewat sedikitpun.

Sebelumnya saya mohon maaf jika ada pembahasan yang kurang karna saya juga masih seorang pelajar jadi mohon untuk dimaklumi bersama kita disini untuk sharing belajar bersama jadi ketika saya salah mohon kritik dan saran dikolom komentar.

Bagi kalian yang belum tahu tentang ilmu nahwu dan asal muasal kitab jurumiyah kalian bisa baca postingan saya ini : Asal Muasal Kitab Jurumiyah Dan Pengertian Ilmu Nahwu
Wajib kalian baca tersebut sebelum memulai mempelajar ini.

Daftar Isi Pelajaran Kitab Jurumiyah

  1. Mabadi Pengantar Kitab Jurumiyah
  2. Bab Kalam
  3. Bab Irob
  4. Bab Marifat Irob
  5. Pasal 
  6. Bab Afali / Fiil
  7. Bab Marfuatul Asmai
  8. Bab Fail
  9. Bab Naibul Fail
  10. Bab Mubtada & Khobar
  11. Bab Amil Mubtada Khobar
  12. Bab Naat
  13. Bab Ataf
  14. Bab Taukid
  15. Bab Badal
  16. Bab Mansubatil Asmai
  17. Bab Maful Bih
  18. Bab Masdar
  19. Bab Dzorof Jaman Dzorof Makan
  20. Bab Hal
  21. Bab Tamyiz
  22. Bab Istisna
  23. Bab La
  24. Bab Munada
  25. Bab Maful Min Ajlih
  26. Bab Maful Maah
  27. Bab Mahfudhotil Asmai
  28. Bab Idafat
Sebagaimana bab diatas maka ada terdapat 28 materi / bab yang paling mendasar yang akan dipelajari dalam kitab jurumiyah. Untuk memulai belajar jurumiyah atau mempelajari ilmu nahwu maka kita harus sebaiknya membahas tentang mabadi, akan dijelaskan dalam bab pertama yaitu pengantar kitab jurumiyah.


Jadi stay terus untuk kalian yang semangat belajar ilmu nahwu kita sama sama belajar dan kebetulan saya mondok dipesantren sunda jadi jika ada nadzom mungkin akan saya bawakan nadzom sunda. Tapi tenang akan saya jelaskan secara terperinci sehingga dapat dengan mudah dimengerti.

Mungkin hanya itu penjelasan bab jurumiyah selanjutnya kita akan mulai mempelajari bagaimana cara belajar jurumiyah yang baik dan benar menurut ajaran yang telah diwariskan oleh guru guru / ustadz yang telah mengajari saya sewaktu dipondok.

Stay terus diblog ini jangan lupa share dan komentar jika ada yang kalian tidak mengerti saya akan jawab sebisa mungkin. Mohon maaf jika banyak kesalahan tapi saya yakinkan jadikan ilmu yang kita miliki itu bermanfaat.

TerPopuler