-->

Manfaat Air Rebusan Jahe, Kunyit, Dan Sereh untuk Kesehatan

hpk

Assalamualaikum wr wb Hai sahabat Portal Islam Islamidina, kali ini kita akan membahas bahan bahan herbal yang berguna bagi kesehatan tubuh, yaitu Manfaat Air Rebusan Jahe, Kunyit, Dan Sereh. Yuk langsung aja.

Manfaat Air Rebusan Jahe, Kunyit Dan Sereh

Manfaat Air Rebusan Jahe, Kunyit Dan Sereh

Rebusan Jahe, Kunyit, Dan Sereh merupakan tumbuhan yang cukup populer di indonesia. Karena selain menyehatkan, rasanya juga sangat nikmat jika dibuat menjadi sebuah minuman.

Rebusan Jahe, Kunyit, Dan Sereh memang telah Populer dikalangan ibu - ibu sebagai bumbu dapur, Namun tahukah kamu bahwa selain sebagai bahan utama dapur ternyata Manfaat Air Rebusan Jahe, Kunyit Dan Sereh juga sangat baik untuk kesehatan ?

Jahe, Kunyit Dan Sereh

Jahe, adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron. Jahe termasuk suku Zingiberaceae ( Sumber : Wikipedia )

Di Indonesia sendiri jahe sebenarnya memiliki nama yang berbeda beda. Di Sumatra disebut halia (Aceh), beuing (Gayo), bahing (Karo), pege (Toba), sipode (Mandailing), lahia (Nias), sipodeh (Minangkabau), page (Lubu), dan jahi (Lampung). Di Jawa, jahe dikenal dengan jahe (Sunda), jae (Jawa), jhai (Madura), dan jae (Kangean). Di Sulawesi, jahe dikenal dengan nama layu (Mongondow), moyuman (Poros), melito (Gorontalo), yuyo (Buol), siwei (Baree), laia (Makassar), dan pace (Bugis). Di Nusa Tenggara, disebut jae (Bali), reja (Bima), alia (Sumba), dan lea (Flores). Di Kalimantan (Dayak), jahe dikenal dengan sebutan lai, di Banjarmasin disebut tipakan. Di Maluku, jahe disebut hairalo (Amahai), pusu, seeia, sehi (Ambon), sehi (Hila), sehil (Nusalaut), siwew (Buns), garaka (Ternate), gora (Tidore), dan laian (Aru). Di Papua, jahe disebut tali (Kalanapat) dan marman (Kapaur).

Manfaat Air Rebusan Jahe, Kunyit Dan Sereh

Jahe mempunyai banyak Khasiat Karena di Dalamnya terkandung senyawa bioaktif dan nutrisi yang mampu memberikan kesehatan pada otak dan kekuatan pada fisik anda.

Salah satu senyawa yang terkandung dalam jahe adalah gingerol. Gingerol yang baik biasanya terdapat pada jahe yang segar. Biasanya jahe yang kering akan memiliki sedikit senyawa gingerol tersebut. 

Selain itu kandungan yang membuat jahe sangat berkhasiat bagi tubuh adalah adanya kandungan senyawa Fitokimia yaitu yaitu bermanfaat sebagai anti peradangan, analgesik dan anti bakteri.

Jahe juga mempunyai banyak kandungan vitamin yaitu antara lain Vitamin B5 dan Vitamin B6, dimana Vitamin ini sangat diperlukan dan berguna bagi tubuh.

Sedangkan Kunyit atau kunir, adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika

Serai atau sereh adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan. Minyak serai adalah minyak atsiri yang diperoleh dengan jalan menyuling bagian atas tumbuhan tersebut

Manfaat Air Rebusan Jahe, Kunyit Dan Sereh Untuk Kesehatan

Dan berikut ini saya akan memberikan penjelasan tentang manfaat Manfaat Air Rebusan Jahe, Kunyit Dan Sereh bagi keseharian tubuh anda, simak terus ya!

a.    Mampu Menjadi obat Mual dipagi Hari.

Seperti yang sudah saya katakan diatas bahwa Manfaat Air Rebusan Jahe, Kunyit Dan Sereh bisa digunakan untuk mengatasi mual, terutama dipagi hari.

Air Rebusan Jahe, Kunyit Dan Sereh biasanya juga digunakan untuk mengatasi mual bagi penderta kanker yang setelah melakukan kemoterapi. Selain itu sering juga di konsumsi setelah operasi.

Mengkonsumsi jahe juga bagus ketika anda sedang hamil dan sering mual mual. Tetapi alangkah baiknya jika anda sebelum mengkonsumi jahe melakukan konsultasi pada dokter terlebih dahulu. 

Karena terdapat kabar ketika mengkonsumsi jahe dalam skala besar mampu menimbulkan keguguran bagi kandungan. Tapi secara riset hal ini belum diyakini kebenaraannya.

b.    Mengurangi rasa nyeri pada otot

Beberapa orang telah mengatakan apabila mengkonsumsi Air Rebusan Jahe, Kunyit Dan Sereh dapat mengurangi nyeri pada otot. Tetapi secara riset ini belum ada kepastian kebenarannya.

Tetapi beberapa ahli juga pernah mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi jahe dapat meredakan nyeri yang dikarenakan kegiatan olahraga.

Kita dapat meyakini Khasiat jahe ini karena memang jahe memiliki kandungan senyaawa anti inflamasi yang dapat meredakan nyeri otot. Tetapi hal itu tidak bisa secara instan karena diperlukan ketlatenan dalam mengkonsumsi jahe.

Berdasarkan penelitian, alangkah baiknya jika jahe di konsumsi sebanyak 2 gram dalam jangka waktu 11 hari.

c.    Mencegah Penyakit Osteoartritis

Osteoartritis merupakan penyakit yang sering dialami manusia. Penyakit tersebut adalah peradangan pada sendi.

Sehingga seseorang sering mengalami nyeri bahkan rasa sakit pada persendian. Berdasarkan pengalaman yang dipaparkan para ahli dengan mengkonsumsi Air Rebusan Jahe, Kunyit Dan Sereh secara rutin dapat memberikan efek yang baik bagi kesehatan dan tentunya dapat mengurangi rasa nyeri pada sendi.

Selain di konsumsi jahe juga dapat diajadikan minyak dengan dicampur wijen dan kayu manis. Cukup di oleskan pada daerah yang sakit kemudia rasa sakit tersebut akan berangsur hilang.

d.    Mencegah Penyakit Jantung

Jika anda memiliki masalah gula darah yang tinggi atau diabetes. Mengkonsumsi Air Rebusan Jahe, Kunyit Dan Sereh adalah cara yang benar karena dapat menurunkan gula darah secara drastis. Sehingga hal tersebut dapat mengurangi resiko anda untuk terkena penyakit jantung.

Beberapa riset menyebutkan bahwa Air Rebusan Jahe, Kunyit Dan Sereh memiliki sifat anti diabetes yang baik. Studi kasus yang pernah dilakukan bahwa terdapat 41 orang penderita diabetes dan setiap hari ia mengkonsumsi 2,2 gram bubuk jahe selang beberapa waktu hasil menunjukan bahwa GDP atau gula darah puasa dapat turun hingga 12%.

e.    Mengatasi Masalah Pencernaan

Gangguan pencernaan kronis sering dialami oleh sebagian besar manusia. Terutama seseorang yang tidak bisa mengatur pola hidup dan pola makannya.

Gangguan pencernaan ini biasanya terjadi dengan ciri ciri nyeri dan sakit pada perut. Apabila anda sudah punya penyakit ini maka jangan sampai perut anda dalam keadaan yang kosong.
Tetapi anda harus tau! Bahwa dengan mengkonsumsi jahe anda dapat meredakan sakit perut yang anda alami.

f.    Mengurangi rasa nyeri pada haid

Haid merupakan pengeluaran darah kotor yang setiap bulannya dialami seorang wanita. Ketikan sedang haid atau menstruasi pasti terjadi rasa yang tidak enak atau bahkan menimbulkan nyeri. 

Kandungan yang ada didalam Air Rebusan Jahe, Kunyit Dan Sereh diyakini dapat mengurangi sakit ketika menstruasi secara signifikan. Studi kasus telah membuktikan bahwa ada 150 wanita yang sedang menstruasi dan setiap harinya mengkonsumsi 1 gram jahe dan hasilnya benar terjadi dapat mengurangi rasa sakit ketika menstruasi.

Itulah manfaat Air Rebusan Jahe, Kunyit Dan Sereh yang bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsinya secara rutin. Karena jika anda mengkonsumsi hanya sebulan sekali itu tidak akan menimbulkan efek apa apa dalam tubuh anda. 

Baca juga beberapa tips dan khasiat herbal lainnya : Khasiat Bawang Lanang, Khasiat Temulawak, Khasiat Daun Sirsak 

Jangan lupa bagikan artikel tentang Manfaat Air Rebusan Jahe, Kunyit Dan Sereh ini, Selamat mencoba dan semoga berhasil !!! Wallahu a'lam Bisshowab, Wassalamualaikum wr wb

0 Response to "Manfaat Air Rebusan Jahe, Kunyit, Dan Sereh untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel